Lifestyle, Batam, News, Ekonomi

Ini Manfaat Hemat Energi Di Masa Kini

Agung | Jumat 15 Nov 2019 12:29 WIB | 289

Bright PLN
inspirasi


Ilustrasi hemat energi listrik.


MATAKEPRI.COM, Batam - Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik terbatas, sementara kebutuhan kita dalam penggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk menjaga ketersediaan nya dan juga meminimalisir pembengkakan tagihan listrik yang terjadi, kita Hasri bisa mensiasati nya.


Untuk energi listrik, kerap kali kita memiliki kebiasaan yang sangat buruk dengan menggunakan listrik bahkan saat siang hari, yang berujung pada pada pembengkakan yang terjadi saat pembayaran di akhir bulan.


Direktur bisnis dan pengembangan usaha PT PLN Batam, Buyung Abdul Jamal dalam sosialisasi yang di lakukan PLN Batam di Kampus Unrika pada Rabu (13/11) yang mengatakan bahwa ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak dan terkontrol dengan baik.


Salah satu hal buruk yang sering dilakukan adalah mencolokkan beberapa alat elektronik meski tidak di gunakan, seperti televisi, charger handphone, ataupun Charger Laptop.


Mematikan lampu yang tidak diperlukan juga salah satu cara menghemat daya. Serta selalu menutup rapat ruangan ber-AC agar AC di ruangan tersebut bisa bekerja secara maksimal, dan gunakan secara seperlunya.


"Kita juga harus memperhatikan kulkas yang kita miliki di rumah, jangan sampai di isi hingga penuh, karena kulkas tersebut bisa bekerja keras dan tentunya akan membutuh daya yang cukup tinggi, terlebih lagi memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam nya," Kata Buyung yang menjelas kan kepada para mahasiswa Unrika, 


Serta mematikan televisi dan juga komputer yang usai digunakan juga sudah menjadi bentuk penghematan energi. 


Buyung juga menyampaikan bahwa ada banyak manfaat yang akan di dapatkan dari menghemat energi listrik tersebut.


Salah satunya adalah menghemat biaya pengeluaran untuk pembayaran tagihan listrik. "Karena bila kita menghemat penggunaan listrik, maka kita akan membayar lebih sedikit untuk biaya listrik. Sebaliknya semakin boros penggunaan listrik maka semakin besar pula jumlah kwh dan semakin besar biaya listrik kita," Papar Buyung.


"Ada juga manfaat dari menghemat Listrik, karena dengan hal yang telah kita lakukan tadi, pasti alat elektronik buang kita milik akan memiliki umur yang lebih panjang," imbuhnya


Hal lainnya dari penghematan energi tersebut adalah mengurangi polusi, Karen apolusi dapat meningkat karena penggunaan alat listrik maupun penggunaan bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor.  


Bila kita boros listrik maka alat listrik akan menimbulkan polusi seperti panas, bising dan asap. Sementara itu semakin banyak kita menggunakan kendaraan bermotor, semakin banyak pula bahan bakar minyak yang harus dibakar.  


Serta hal tersebut juga bisa menjaga sumber daya alam, karena semakin banyaknya batu bara atau minyak yang harus dibakar oleh pembangkit listrik, atau digunakan dalam kendaraan bermotor, berarti semakin cepat pula deposit batu bara atau minyak bumi akan habis.


Ini akan menyebabkan batu bara atau minyak semakin susah didapat dan harga nya semakin mahal. Sebaliknya bila kita menghemat energi, maka kita dapat mengurangi habisnya sumber daya alam ini.


Dan yang terakhir manfaat dari penghematan energi tersebut adalah Menghindari resiko arus pendek


Arus pendek atau korsleting terjadi ketika kabel listrik rusak, dan dapat menyebabkan kerusakan alat elektronik hingga kebakaran. Dengan mematikan alat elektornik bila tidak digunakan, maka kita akan dapat menghindari arus pendek. (AM)