Batam, News, Kesehatan

Tahun 2021, Diskes Kota Batam Menargetkan Semua Puskesmas Bisa Menampung Rawat Inap

Juliadi | Selasa 05 Nov 2019 19:50 WIB | 286

Kebijakan
DPRD Kota Batam
Kesehatan
RSUD
Rumah Sakit
Puskesmas


Kadiskes Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (5/11/2019). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM, Batam - Pada Tahun 2021 Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Batam menargetkan seluruh puskesmas Kota Batam bisa menampung rawat inap, hal tersebut di sampaikan oleh Kadiskes Didi Kusmarjadi, Selasa (5/11/2019) setelah Rapat Dengar pendapat Komisi IV DPRD Kota Batam.


Dikatakan Didi, bahwa Rencana. Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada tahun 2021 seluruh puskesmas sudah bisa rawat inap, dengan tujuan supaya bisa menampung rawat inap dan meningkatkan pelayanan. Serta memudahkan masyarakat dalam berobat, serta juga mengurangi beban RSUD.


Menurut Didi, jika ada masyarakat yang sakit yang tidak harus ditangani oleh dokter spesialis maka tidak perlu lagi ke rumah sakit, sebab sudah bisa ditangani oleh puskesmas terdekat.


Didi, menjelaskan bahwa selama ini Puskesmas hanya bisa rawat bagi yang ingin melakukan persalinan saja, akan tetapi tahun 2021 Diskes Kota Batam akan targetkan semua puskesmas sudah bisa rawat inap.


"Para dokter di puskesmas itu nanti akan memperdayakan SDM yang ada saat ini dan belum ada dilakukan untuk penambahannya, "ujar Didi.


Lanjut Didi, Diskes Kota Batam sudah membuat analisa kebutuhan dan masih kekurangan SDM, rata-rata kebutuhan di masing-masing puskesmas 10 orang PNS.


Tambah Didi, pada tahun 2020 nanti akan dilakukan revitalisasi dua unit puskesmas, yaitu puskesmas Tanjung Sengkuang dan Puskesmas Baloi Permai. (Adi)