Batam, News, Kepri

BC Batam Dan Rumah Zakat Gelar Jambore Bintal Gen Milenial

Egi | Selasa 29 Oct 2019 21:03 WIB | 2000



Foto bersama seluruh peserta Jambore Bintal Gen Milenial(Foto:ist)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam, Batuampar, bekerjasama dengan Rumah Zakat Kota Batam dalam menyelenggarakan kegiatan Jambore Bintal Gen Milenial.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 117 pegawai Generasi Milenial yang merupakan gabungan antara KPU Bea dan Cukai beserta Pangkalan Sarana Operasi (PSO), BC Tipe B. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 25 sampai 27 Oktober 2019, di Kelurahan Mangsang, Tanjung Piayu.

Kepala Kantor KPU BC Tipe B Batam, Susila Brata mengatakan, di kegiatan ini untuk membentuk karakter pegawai muda (generasi milenial) BC, agar memiliki rasa kebersamaan sesama pegawai BC.

"Ini merupakan generasi yang spesial karena generasi milenial sangat berbeda dengan generasi yang sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi,"ucap Susila Brata, Selasa (29/10)

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan di SD Juara Bagan Binaan Rumah Zakat yang dipimpin oleh Handojo, Kepala PSO Bea Cukai Batam sebagai Insektur Upacara.


Acara ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang telah diberikan kepada setiap peserta kegiatan jambore. Kegiatan jambore ini dibagi ke dalam beberapa kelompok, seperti kelas inspirasi sebagai bentuk pengajaran sekaligus pengenalan beacukai sejak dini kepada siswa di SD Juara Bagan.


Kegiatan lainnya yaitu bakti sosial yang meliputi pengecoran, pengecatan, dan kerja bakti yang dilakukan di lingkungan SD Juara dan Gereja Paroki St. Hilarius. Para peserta juga melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman berupa pohon mangga dan pohon jambu masing-masing 50 pohon.


Warga sekitar kelurahan Mangsang juga diberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, pengecekan darah, dan terapi totok punggung serta pemberian obat gratis.


Setelah rangkaian kegiatan tersebut para peserta juga diberikan bimbingan mental (Bintal) oleh Toupik Kurohman, Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Kanwil DJBC Sumatera Utara yang memberikan motivasi bahwa sebagai tonggak beacukai generasi milenial harus memberikan kontribusi yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi agar beacukai makin baik.


Acara dilanjutkan dengan malam ramah tamah, yang dihadiri oleh Susila Brata, Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam,Camat Sei Beduk, Lurah Mangsang, perwakilan Rumah Zakat, peserta kegiatan jambore, dan warga kelurahan mangsang.


Acara tersebut dibuka dengan penampilan dari peserta jambore, dilanjutkan dengan penampilan dari siswa kelas inspirasi berupa tarian persembahan, dan penampilan dari perwakilan warga Mangsang. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian plakat dan bantuan kepada warga berupa set perlengkapan olahraga Voli, tong sampah, dan buku-buku.


Acara diakhiri dengan tracking di bukit kelurahan Mangsang pada Minggu pagi (27/10) dan foto bersama dengan warga.


Susila berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta yang merupakan pegawai Bea Cukai Batam Generasi Milenial dapat menumbuhkan peduli terhadap lingkungan, kekompakan, dan kebersamaan antar pegawai untuk membawa Bea Cukai makin baik ke depannya.


"Untuk acara puncak, pada hari terakhir warga bersama 117 pegawai milenial BC Batam, juga melakukan kegiatan olahraga serta tracking di bukit kelurahan Mangsang pada Minggu pagi.
Dan kita berharap para peserta jambore dapat belajar banyak di masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas diri sendiri,"tutupnya.(EAG)



Share on Social Media