Batam, News, Kepri

Sebanyak 335 Personil Yang Akan Melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2019

Egi | Rabu 23 Oct 2019 19:20 WIB | 2109

Polda Kepri
Razia


Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Roy didampingi Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Operasi Zebra Seligi 2019 ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai hari ini (23/10) sampai dengan (5/11). Dalam operasi ini dilibatkan sebanyak 335 personil Polri, POM TNI, dan Dinas Perhubungan. 


Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Roy Ardhya Chandra saat usai melaksanakan apel pasukan Operasi Zebra Seligi 2019 di Mapolda Kepri.  


Operasi kepolisian dilalulintas ada tiga bagian, yang pertama Operasi Simpatik, kedua Operasi Patuh, dan yang ketiga Operasi Zebra. Masing-masing operasi ini berbeda-beda karakteristiknya.


"Untuk Operasi Simpatik yaitu mengedepankan preventif dan melakukan peneguran. Yang mana 60% penegakan hukum dan 40% pembinaan dan untuk yang kedua Operasi Patuh 40% penegakan hukum dan 60% pembinaan,"ucap Dirlantas Polda Kepri.


Pada Operasi Zebra merupakan yang paling tinggi penindakan penegakan hukumnya. 80% penindakan dan 20% pelanggaran.


"Jadi apabila melakukan pelanggaran tidak dilakukan peneguran tetapi langsung dilakukan penilangan,"ungkap Roy.


Ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Zebra Seligi 2019, yang mana kerap dilakukan oleh masyarakat


"Ada delapan sasaran prioritas yang kita tentukan diantaranya tidak memakai helm, tidak melengkapi surat kendaraan, melawan arus, mengemudi dibawah umur, pengemudi dan pengendara minuman keras, berboncengan lebih dari 2 orang, melebihi kecepatan, dan bermain handphone saat berkendara,"ungkapnya


Operasi Zebra Seligi 2019 ini dilaksanakan sebanyak dua titik tiap harinya, yaitu setiap pagi dan sore.


"Seperti yang Bapak Kapolda Kepri bilang, kita akan gelar Operasi Zebra Seligi 2019 ini dilokasi yang banyak terjadi pelanggaran dan sering terjadinya kecelakaan lalu lintas,"tutupnya (EAG)




Share on Social Media