International, Batam, News, Ekonomi

Puluhan Mumi Berusia Ribuan Tahun, Baru Ditemukan, Begini Kondisinya

| Minggu 20 Oct 2019 07:14 WIB | 1585



Mesir menemukan 30 peti kayu kuno beserta mumi di dalamnya yang berusia 3.000 tahun.


MATAKEPRI.COM, Mesir - Tim arkeolog Mesir secara tidak sengaja menemukan 30 peti mati kayu kuno dengan mumi di dalamnya. Penemuan ini jadi yang terbesar dalam lebih dari satu abad.


Dilansir Reuters, Minggu (20/10/2019), mumi ini ditemukan di Kota Luxor. Kementerian Purbakala Mesir mengatakan peti mati kayu kuno ini ditemukan di sebuah tempat persembunyian di pemakaman Al-Asasif di tepi barat Luxor.


"Ini adalah peti mati-peti mati manusia besar pertama yang ditemukan sejak akhir abad ke-19," kata Menteri Barang Antik Mesir Khaled El-Enany seperti dikutip dalam sebuah upacara di Luxor.


Peti mati yang diukir dan dicat dengan rumit, berusia tiga ribu tahun, ditutup dengan mumi di dalam dan berada dalam "kondisi pelestarian, warna, dan prasasti yang baik," tambah pernyataan itu.


Pemimpin tim penggalian, Mostafa Waziri, mengatakan peti tersebut berisi imam pria, wanita, dan anak-anak. Peti tersebut berasal berasal dari abad ke 10 SM di bawah kekuasaan dinasti Firaun ke-22.


Peti mati itu akan menjalani pemulihan sebelum dipindahkan ke ruang pameran di Museum Mesir Besar. Museum itu akan dibuka tahun depan di sebelah piramida Giza.


Penemuan ini adalah yang terbaru dari serangkaian penemuan besar peninggalan kuno yang Mesir yang diharapkan akan menghidupkan kembali sektor pariwisata yang telah terpukul oleh ketidakstabilan politik sejak pemberontakan 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak.


Awal bulan ini, Mesir meluncurkan dua penemuan arkeologis di Luxor termasuk zona industri di Lembah Barat kota, juga dikenal sebagai Lembah Monyet.



(***)
Sumber detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait