Batam, News, Hukum & Kriminal

Helm Dan Kendaraan Pengunjung Alun-alun Sering Hilang, Keamanan Patut di Pertanyakan

Agung | Sabtu 19 Oct 2019 12:57 WIB | 718

Curanmor
Pencurian
Kehilangan
Pemko Batam
Polresta Barelang
Kriminal


Kendaraan yang terparkir di depan pintu masuk Dataran Engku Putri.


MATAKEPRI.COM, Batam -  Pusat kota Batam yang sering di padati pengunjung lokal maupun mancanegara baik di pagi dan sore hari terutama di hari libur, kerap kali terjadi aksi kriminal.


Menurut Irma (26) yang di temui oleh Matakepri.com saat berada di Daratan Engku Putri Batam Center, mengaku bahwa dirinya sudah dua kali kehilangan helm yang di letakkan di kendaraan nya saat dirinya berolahraga.


"Karena kendaraan mau di bawa masuk kedalam gak bisa, jadi saya parkirkan di depan pintu masuk, dan helm juga sudah saya kuncibdi motor," Ucapnya saat beristirahat seusai jogging bersama teman-teman nya, pada Sabtu (19/10).


Hal senada pun di sampaikan oleh Dewi, yang baru saja kehilangan dua helm miliknya yang di letakkan di kendaraan nya, meskipun telah di berikan pengamanan.


"Tadi pagi saya kunci helm itu di jok motor, tapi sekitar 1 jam saya berolahraga dan mau pulang, tapi helm saya udah hilang," Ucap nya, yang di temui saat berada di pintu gerbang, Kamis (19/10) pagi.


Dia pun mengaku telah melaporkan kejadian tersebut kepada Satpol-PP yang berjaga di lokasi. Namun anggota Satpol-PP tersebut tak bisa berbuat banyak.


"Ya mau giman lagi, emang kalau hari sabtu dan minggu dilokasi ini sering terjadi kasus kehilangan serupa," kata Dewi, yang menirukan ucapan anggota Satpol-PP tersebut.


Bahkan, Salah seorang teman Dewi pun mengatakan, bahwa kejadian seperti ini memang sering terjadi di lokasi tersebut. Baik kehilangan helm ataupun kendaraan roda dua.


"Bukan ini aja, sering saya kesini, kalau gak pagi atau malam, pasti banyak yang ribut, entah hilang helm atau kadang motor," ujar Nova.


Selain itu, Nova Melanjutkan, area parkir juga tidak tersedia, dan dilokasi juga tidak ada penitipan helm, yang bisa buat antisipasi kejadian serupa. Pusat kota, yang pastinya selalu ramai pengunjung tapi tidak didukung oleh pengamanan yang baik.


"Kan ini pusat kota, tapi kok pengamanan nya lemah, gimana para pengunjung bisa nyaman berkunjung ke sini," sambung nya.


Dari pantauan saat dilapangkan, terdapat beberapa anggota Satpol-PP yang berjaga area lokasi. Namun kendati demikian, beberapa kasus serupa memang sering terjadi Lokasi.


Dan juga, di area tersebut tidak terlihat ada kamera pengawas (CCTv) yang terpasang. Yang bisa membantu melakukan pemantauan di lokasi. (AM)