Batam, News, Ekonomi

Kabaranahan Lakukan First Steel Cutting Dua Kapal Angkut Tank Di PT Bandar Abadi

Agung | Jumat 18 Oct 2019 20:00 WIB | 316

Pembangunan
inspirasi
Kawasan Industri
TNI
Angkatan Laut


Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Republik Indonesia, Mayor Jenderal TNI Budi Prijono yang bersama rombongan


MATAKEPRI.COM, Batam - Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Republik Indonesia, Mayor Jenderal TNI Budi Prijono mengunjungi PT Bandar Abadi untuk melakukan First Steel Cutting (pemotongan plat pertama) untuk pembuatan dua unit Kapal Angkut Tank milik Angkatan Laut, pada Jumat (18/10).


Mayor Jenderal TNI Budi prijono yang melakukan seremonial penekanan tombol First Steel Cutting juga ditemani oleh komisaris PT Bandar Abadi, yang membuat mesin otomatis tersebut langsung memotong sebagian plat baja yang telah disiapkan, dan sekaligus menjadi tanda bahwa proyek tersebut telah diresmikan.


    • Baca juga : Galangan Bandar Abadi, Buat Dua Kapal Angkut Tank Yang Jadi Projek Perdana


Dalam sambutannya, Budi prijono mengatakan bahwa kapal angkut tank bernomor seri AT-8 dan AT-9 tersebut dipercayakan pengerjaannya kepada PT Bandar Abadi, dan diharapkan mampu memberikan hasil yang optimal dan dalam waktu yang telah ditentukan.

Pengadaan kapal angkut   tank ini, merupakan   dari anggaran pinjaman dalam negeri di tahun 2015 - 2019, yang mana proyek pembuatan kapal ini sebesar Rp 360 miliar rupiah.


Masih dari Budi, yang juga mengatakan bahwa pengadaan kapal ini merupakan salah satu dari program untuk membangun kekuatan pertahanan di NKRI.


"Pengadaan kapal ini juga merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan pertahanan untuk mendukung pelaksanaan operasi militer dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI," Ucap nya.


Tak hanya itu, kedua kapal ini nantinya juga akan digunakan untuk berbagai kegiatan kemaritiman, salah satunya adalah pelaksanaan operasi militer non-perang pada masa damai seperti saat ini.


Pembangunan kapal yang menggandeng perusahaan Indonesia yang dibuat oleh para anak bangsa ini merupakan salah satu tujuan dari pembinaan industri dalam negri.


"Yang juga berharap bisa menciptakan Kapal Angkut Tank dan sejenisnya di masa mendatang," Harap nya.


Prosesi Cutting ini pun akan menjadi awal yang baik, yang mana hal tersebut bterlah berjaln sesuai dengan Program pemerintah yang mana agar bisa membuat Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk memajukan Indonesia.


Harapan yang cukup besar pun di sanpaika. Oleh Mayor Jenderal TNI tersebut kepada Komisaris PT Bandar Abadi dan juga Dansatgas agar bisa saling bekerja sama  untuk membangun kapal Angkut Tank tersebut.


"Kalau semua bisa bekerja sama dengan baik, maka bukan tidak mungkin, bahwa produksi Kapal Angkut Tank bernomor seri AT-8 dan AT-9 ini bisa di terima sesuai dengan tepa mutu dan tepat waktu," pungkasnya. (AM)