Batam, News

Membangun Kota Batam PAD Harus Lebih Tinggi

Juliadi | Jumat 18 Oct 2019 14:41 WIB | 190

Kunjungan Kerja
Pemko Batam
Bupati
Walikota
Pemko
PAD
APBD


Walikota Batam H. M. Rudi disampingi Bupati Lebak


MATAKEPRI.COM, Batam - Bupati Lebak Iti, beserta rombongan langsung diterima Walikota Batam H. M. Rudi, saat Kunjungan Kerja (Kunker) Pemeritah Kota (Pemko) Batam, Kamis (17/10/2019).


Rudi, mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati Lebak beserta rombongan yang telah berkunjung ke Kota Batam. menurut Rudi, bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam di tahun 2019 sama dengan Lebak, Rp 2,8 triliun. Akan tetapi Rp 1,2 triliun di antaranya bersumber dari pajak dan retribusi daerah. 


Dikatakan Rudi bahwa upaya optimalisasi pajak dari Pemko Batam dengan cara memasang tapping box di restoran dan hotel yang ada di Kota Batam. 


"Dengan dipasangnya tapping box, pajak yang diterima Pemko Batam meningkat. Penerapan tapping box ini, Pemko Batam bekerja sama dengan Bank Riau Kepri, Bank daerah tersebut yang menyediakan sarananya, ujar Rudi.


Rudi, menjelaskan untuk membangun kota ada satu kata, Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus tinggi. Untuk aturan wajib memakai tapping box ini memang tidak ada, tapi sebagai kepala daerah ia bisa mengeluarkan kebijakan. Karena tidak semua tempat usaha yang bisa terkoneksi dengan sistem ini. (Adi)