Lifestyle, Nasional , News, Kesehatan

Iniloh Anjuran Sebenarnya Melepas Bra Saat Tidur

| Senin 14 Oct 2019 08:19 WIB | 2574

Kesehatan


Ilustrasi melepas bra.


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Bra merupakan penopang payudara sehari-hari. Usai beraktivitas, ada banyak yang memilih untuk melepas bra di malam hari. Pada tanggal 13 Oktober ini, media sosial diramaikan dengan gerakan #NoBraDay alias hari tanpa BH.


Menurut ahli penyakit dalam dari RS Dharmais, dr Nia Novianti, SpPD, pakai bra atau tidak sebenarnya bukan jadi masalah. Pasalnya, menurutnya belum ada penelitian yang membuktikan ada kaitan antara lepas bra dengan kanker payudara.



"Sebenarnya ini bukan untuk kankernya langsung, ya. Lebih ke kesehatan jaringan payudaranya sendiri. Untuk memberikan sirkulasi ke kulit payudara," katanya saat ditemui detikcom, Senin (30/9) lalu.


Hal ini menyangkut kebiasaan perempuan yang mengenakan produk bra berkawat. Efeknya, si kawat menekan kelenjar penting di sekitar payudara.


"Lebih baik kita berikan waktu si payudara untuk bernapas. Karena kawatnya itu menghambat aliran limpatik atau aliran getah bening di payudara, sehingga memang disarankan waktu tidur atau tidak beraktivitas itu dilepas. Kalau ke risiko kankernya, sih, belum terbukti," jelas dr Nia.



(***)

Sumber detik



Share on Social Media