Batam, News, Pariwisata, Ekonomi

Ini Kata Sekretaris Satpol-PP Terkait Pengamanan 24 Jam Di Masjid Terbesar se-Sumatera

| Kamis 10 Oct 2019 15:59 WIB | 1883

Pemko/Pemda/Pemrov
Tempat Ibadah


Suasana di dalam masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang belum terpasang kamera pengawas (CCTv). (Foto : Agung-Matakepri)


MATAKEPRI.COM, Batam - Sistem pengamanan yang diberlakukan di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sejak di buka untuk umum pada 20 September lalu hingga saat ini belum juga terlihat ada nya kamera pengawas yang terpasang.


Dari pemberitaan sebelumnya di kabarkan bahwa sistem pengamanan yang dilakukan hingga saat ini masih menggunakan pengamanan manual yang mengandalkan para Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kota Batam.


Baca juga : Masjid Terbesar se-Sumatera Belum Terpasang CCTV


Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Satpol PP Kota Batam, Friedkalter saat dikonfirmasi oleh pewarta mengenai pengamanan ini, langsung menjelaskan bahwa telah menurunkan personil untuk berjaga-jaga di area masjid.


"Kita sudah turunkan personil untuk mengawasi keamanan area selama 24 jam, termasuk disitu dalam memperhatikan aktifitas pedagang," terangnya pada Rabu (9/10) kemarin.


kalter juga mengatakan, perihal pedagang sebelumnya ada yang berjualan cukup dekat di area depan masjid, akan tetapi kini setelah diberi tahu akan aturannya, pedagang telah sedikit bergeser agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.


Baca juga : 50 jubah khusus Telah Tersedia Di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah


Hal itu semua ia jelaskan, bahwa karena masjid ini adalah aset Pemerintah Kota Batam, maka segala sesuatu yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan bersama terus dijaga.


Terkait pengadaan CCTV, ia juga menanggapi bahwa saat ini masih dalam proses pengerjaan sebelum kontrak proyek Masjid berakhir di akhir November mendatang. 


Baca juga : Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Tak Pernah Sepi Wisman Dan Wisatawan


"Insyaallah sedang pengerjaan dari pihak PT Adhi Karya untuk pengadaan CCTV, maka sementara dari Satpol PP yang menjaga," pungkasnya.


Saat pewarta meminta tanggapan terkait hal tersebut kepada wisatawan yang berada di lokasi, Irfan Rizky mengatakan untuk pengamanan masjid sebesar ini peranan CCTV yang digunakan untuk memantau keadaan di lokasi terbilang cukup penting.


menurutnya dengan pola pengamanan yang dilakukan oleh personil dari satuan polisi pamong praja secara 24 jam tidak akan bisa mengcover seluruh wilayah Masjid yang ukurannya cukup besar tersebut.


Baca juga : Jubah Khusus Untuk Para Non-muslim Yang Berkunjung Ke Masjid SMRS


"meskipun dengan pola pengamanan 24 jam dari para Satpol-PP, tapi pengamanan manual untuk masjid sebesar itu tidak akan berjalan secara maksimal, pastinya pengadaan CCTV itu sangat penting untuk meminimalisir Kejadian-kejadian yang tidak diinginkan," Kata Irfan pada Kamis (10/10) siang ini,


dia pun berharap dengan wisatawan yang selalu memadati masjid ini, agar para pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dapat mempercepat pengadaan kamera pengawas tersebut.


"Kan pengadaan itu untuk kenyamanan dan keamanan bersama, kalau bisa secepat mungkin," Harapnya. (AM)