Batam, News, Ekonomi

Mulai Bulan Ini, Sertifikat Halal Akan Diterbitkan Oleh kemenag Batam

| Kamis 03 Oct 2019 14:47 WIB | 2106

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Kasubag TU Maqdalena foto bersama peneliti puslitbang agama dan layanan keagamaan. (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Pada bulan oktober atau lebih tepatnya pada pertengahan oktober 2019 ini sertifikat halal akan dikeluarkan langsung oleh Kementerian Agama kota Batam melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).


Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, yang mendapatkan izin untuk menerbitkan produk sertifikat halal. 


Karena hingga saat ini, kewanangan tersebut masih berada di bawah naungan Majlis Ulama Indonesia (MUI). Meskipun demikian, peran MUI dalam mengeluarkan sertifikasi halal tetap penting.


"Ya bagaimana pun juga fatwa halal tetap menjadi domainnya MUI," kata Peneliti dari Puslitbang Bimas Agama Dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat  Keagamaan Kemenag Jakarta Ida Swidaningsih, saat melakukan kunjungan di Kantor Kemenag Batam,Selasa (24/9).


Undang-Undang nomor 33 tahun 2014 ini sudah lama dikeleuarkan, sejak zaman Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Akan tetapi dikarenakan badan yang menangani produk halal belum terbentuk pada saat itu, maka penanganan sertifikasi kehalalan di keluarkan oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI).


Dan dalam waktu dekat ini, badan yang khusus menangani produk halal akan terbentuk, jadi sertifikasi kehalalan sesuai peraturan UU no 33 tahun 2014  menjadi kewenang Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).


BPJPH inipun menjadi salah satu Eselon satu di Kementerian Agama Kota Batam.


"Jadi, mulai 17 Oktober 2019 nanti, sertifikasi halal tidak lagi dikeluarkan oleh MUI, tapi sudah dikeluarkan oleh BPJPH," jelas nya.


Masih dari Ida, yang menyampaikan bahwa tujuan nya datang ke batam, dalam rangka untuk melakukan penelitian survei kesiapan pelaku usaha dalam menghadapi sertifikasi produk halal tersebut.


"Sudah ada 30 pelaku usaha di Batam yang saya kunjungi," pungkasnya. (AM)



Share on Social Media