Lifestyle, Nasional , Ekonomi, Politik

Gaya Jetset Hingga Sepatu Dari Kulit Buaya Ala Penghuni Senayan

| Senin 30 Sep 2019 12:36 WIB | 2360



dewan-perwakilan-rakyat-senayan


MATAKEPRI.COM "Haha... saya enggak tahu berapa. Kamu cek sendiri lah. Ini sepatu saya Stefano Ricci. Kamu cek saja harganya ini berapa..." 

Kalimat itu terlontar dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2014-2019, Jhony G Plate saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu di Kompleks DPR/MPR. 

Dia berulang kali menunjukkan sepatu biru tua berbahan dasar kulit buaya. Seperti dia katakan, sepatu itu keluaran brand rumah mode yang cukup tenar di kalangan kaum jetset, Stefano Ricci. 

Taksiran harga sepatu yang dikenakan oleh Jhony hari itu berada di angka Rp27.656.775.

Harga tersebut bukan harga toko di mal atau di luar negeri. CNNIndonesia.com menelusuri harga sepatu Jhony dari situs iPrice.co.id. Bisa jadi harganya lebih mahal jika membeli di etalase toko lantaran beban pajak toko serta layanan toko.

Jhony juga menunjukkan belt atau ikat pinggang dan jas, serta kemeja dan tas tangan. Warnanya serupa dengan sepatu yang dia kenakan. 

Kecuali tas tangan, semua yang dia kenakan hari itu berlabel Stefano Ricci. Adapun tas tangan atau clutch bag yang dia pegang berlabel Hermes.

 Situs buyma.us membanderol tas tangan model Leather Clutches For Men keluaran Hermes milik Jhony seharga US$4,473 atau setara Rp63.346.849.

"Bukan soal harga, tapi kan yang penting itu suka, cocok, nyaman, di kita juga bagus. Kalau soal angka dan harga, ya, tergantung. Tapi saya enggak ingat-ingat itu soal harga. Beli ya beli saja," kata dia.

Contoh lain anggota dewan bergaya hidup jetset adalah Ketua DPR Bambang Soesatyo. 

Beda  Jhony, beda pula Bambang. Bamsoet, sapaannya, kerap mengumbar deretan mobil mewah.

Mobil mewah Bamsoet beragam jenis. Dari mulai 'mobil biasa' hingga supercar. 

Dia memajang koleksi mobilnya di akun instagram pribadinya. Mobil-mobil itu meliputi Lamborghini, Ferrari, Hummer, hingga mobil listrik Tesla. 

Bamsoet juga memiliki mobil mewah lain seperti Toyota Vellfire, Land Rover, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls Royce Phantom, hingga Mercedes Benz S400. 

Total harta kekayaan Bamsoet bisa dilihat dengan rinci melalui situs LHKPN milik Komisi Pemberantasan Korupsi. Terakhir kali Bamsoet melaporkan kekayaan pada 2018 lalu setelah menjabat Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. 

Saat itu, total harta kekayaan Bamsoet mencapai Rp98.019.420.429.

Pada 2016, Bamsoet bahkan pernah dikaitkan dengan jet pribadi. Hal itu terjadi karena fotonya bersama bekas Ketua DPR Ade Komarudin alias Akom tersebar. 

Dalam foto tampak juga sejumlah politikus 'Beringin' seperti Misbakhun, Firman Subagyo, MS. Hidayat, dan Markus Nari. Untuk menepis tudingan gratifikasi, Akom mengaku jet itu milik perusahaan Bamsoet. 

Bamsoet pun mempersilakan publik melihat sendiri kekayaannya. Dia mengaku ia tidak berusaha menutupi hal tersebut.

"Saya adalah pribadi yang terbuka. Kalau mau lihat ada macam-macam lewat di instragam saya aja. Beredar soal itu saya pakai private jet dan segala macam," ucap dia saat itu.

'Gaji kecil' anggota dewan

Gaya hidup para wakil rakyat yang menghuni Senayan ini tentu tak lepas dari pendapatan yang mereka miliki. 

Pertanyaannya, apakah gaya hidup super mewah para wakil rakyat ini bisa disokong dengan gaji dan tunjangan selama lima tahun menjabat di Senayan?

Sumber: cnnindonesia.com



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait