Batam, News

Praktek Pembukaan Lahan Tampa Bakar, Manggala Agni Daops Batam Uji Coba Produksi Cuka Kayu

Juliadi | Selasa 24 Sep 2019 18:25 WIB | 2175



Produksi Cuka Kayu oleh Manggala Agni Daops Batam, Selasa (24/9/2019). Foto : Humas Manggala Agni Daops Batam


MATAKEPRI.COM, Batam - Asap merupakan salah satu masalah klasik yang sangat merugikan mengingat dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan.


Humas Manggala Agni Daops Batam, Hermansyah, mengatakan timbulnya asap diakibatkan oleh adanya pmbakaran yang tidak terkendali, sehingga menghasilkan kepulan-kepulan asap yang berdampak buruk bagi segala aspek kehidupan. Pembakaran hutan dan lahan misalnya, terjadinya karhutlah bukan lagi menjadi masalah baru, mengingat histori tragedi yang terjadi berulang kali tersebut.


Lanjut Hermansyah, pencegahan dan pengendalian sudah diupayakan namun tetap masih saja terjadi pembakaran dengan dalih membuka lahan. Sebagai leader ataupun penggerak dalam pengendalian karhutlah, KLHK yang diwakilkan oleh Manggala Agni terus mencari cara agar dapat menekan tingkat karhutlah dengan berbagai solusi alternatif.


"Hingga saat ini beberapa solusi sebagai pengalihan membuka lahan dengan tidak membakar terus dicari dan dikembangkan oleh berbagai pihak, salah satunya adalah pembuatan cuka kayu yang baru saja diaplikasikan oleh Manggala Agni daops Batam, "ungkap Hermansyah, Selasa (24/9/2019) melalui pesan Whatsapp (WA). 


Dikatakannya, Cuka kayu merupakan hasil olahan dari proses pembakaran secara terkendali dengan bahan kayu dan ranting sisa-sisa yang tidak tepakai yang dikonversikan kedalam drum atau tong di tungku, kemudian menghasilkan uap cair, yang dapat diambil dan ditampung sehingga menjadi hasil pembuatan cuka kayu tersebut. 


Hermansyah, menambahkan bahwa Cuka kayu bermanfaat sebagai penyubur tanaman bila digunakan secara teratur dan dapat difungsikan sebagai campuran maupun pendamping kompos untuk tanaman mengingat latar belakang masyarakat yang dominan sebagai petani sehingga dapat diaplikasikan pada tanaman hortikultura seperti cabai dan lain sebagainya. Bila ditekuni dengan benar, cuka kayu dapat memberikan nilai guna dan keuntungan materi. (*/Adi) 



Share on Social Media