Batam, News, Kesehatan

Ini Harapan Masyarakat pada Hujan Yang mendera Batam

| Senin 23 Sep 2019 16:11 WIB | 1260

Pemko/Pemda/Pemrov
Karhutla


Huja deras yang terjadi di wilayah Batam.


MATAKEPRI.COM, Batam - Banyak harapan dari masyakarat kota Batam atas turun nya hujan pada hari ini, senin (23/9) yang terjadi secara merata dikota Batam.


Beberapa di antara nya adalah, mengurangi kabut asap yang saat ini masih terjadi dan bisa meminimalisir Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belakang ini sering terjadi di kota Batam.



Abi, yang merupakan pengendara sepeda motor yang melintas di kawasan jalan Batubaji-Sagulung pun berharap agar beberapa masayang terkait kemarau yang berkepanjangan bisa segera terhenti.


Dari mulai kebakaran hutan, kabut asap dan  juga debu dari kendraan proyek yang sangat menggangu para pengendara sepeda motor.


"Yang pasti saya sangat bersyukur atas hujan yang telah turun setelah sekian lama kemarau," Ucap Nga, saat di jumpai Matakepri.com pada Senin (23/9) saat tengah berteduh.


Di lokasi yang berbeda, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Batam, Suratman mengatakan, hujan terjadi pada hari ini, Senin (23/9) adalah huja yang merata di wilayah Kepri, bahkan dari data yang telah di terima, bahwa Hujan akan bergerak ke pulau Sumatra.


"Awan hujan juga bergerak dari timur ke barat mengarah ke daratan Riau dan terus ke arah Pulau Sumatera," terangnya.


Sementara itu, mengenai jerebu yang belakangan menyelimuti langit Batam akibat pembakaran hutan dan lahan (Karhutla), baik di Pulau Batam maupun kiriman dari Karhutla Sumatera. Suratman mengatakan jika hujan terus menguyur Batam dan Sumatera, makan pelan intensitas asap akan terus berkurang.


"Kalau diguyur hujan insyaAllah asap akan berkurang, hanya saja saat ini tidak langsung terpantau satelite. Karena perhitungan satelit menunggu beberap jam kemudian," jelasnya.


Dari pantauan citra satelit Himawari sedari pukul 12:30 WIB siang ini, Suratman mengatakan terlihat Kepri mulai tertutup awan yang berpotensi hujan, yang dalam citra satelit ditampilkan bewarna merah-orange.


 "Tadi dari satelite terlihat Kepri tertutup awan yang berpotensi hujan. Dalam satelit digambarkan warna merah orange, dan diperkirakan hujan akan turun selama tiga hari kedepan pada siang hari,Tutup nya. (AM)