International, Ekonomi

Sekolah Dibuka Lagi Usai Libur Akibat Kabut Asap Yang Melanda Malaysia

| Senin 23 Sep 2019 12:32 WIB | 1571



petronas-malaysia (ilustrasi)


MATAKEPRI.COM Pemerintah Malaysia hari ini membuka kembali ratusan sekolah yang sempat ditutup sejak pekan lalu karena kondisi udara tidak sehat, akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan di negara mereka dan Indonesia. Meski demikian, Indeks Polutan Udara (API) menunjukkan udara setempat masih tidak layak.


Menurut Direktur Dinas Pendidikan Federal, Maznah Abu Bakar, ada 296 sekolah di Kuala Lumpur yang akan kembali melanjutkan kegiatan belajar mengajar pada hari ini. Sedangkan menurut Direktur Dinas Pendidikan Putrajaya, Farizah Ahmad, 25 sekolah yang ada di sana juga akan kembali dibuka hari ini.

Di sisi lain, jumlah pasien rumah sakit di Malaysia yang mengalami radang mata, asma, dan radang kulit akibat kabut asap meningkat hingga 40 persen. Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia, dr. Noor Hisham Abdullah, meminta supaya masyarakat untuk sementara mengurangi kegiatan di luar ruang.

"Jika terpaksa keluar ruangan sangat penting untuk berjaga-jaga. Gunakan masker dan rutin mencuci muka dan bagian tubuh yang terpapar kabut asap," kata Hisham.

Kabut asap juga membuat sekitar 14 penerbangan dari Bandara Ipoh dibatalkan hari ini. Penyebabkanya adalah kabut asap mengurangi jarak pandang hanya menjadi 2,5 kilometer.

Sumber: cnnindonesia.com



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait