Batam, News, Kepri

Kabut Asap Makin Tebal, Udara Kepri Kategori Tidak Sehat

Egi | Rabu 18 Sep 2019 16:07 WIB | 163

Polda Kepri
Pemprov Kepri
Gubernur
Karhutla


Konferensi Pers Gubernur Kepri terkait keadaan udara Kepulauan Riau di Gedung Graha Kepri (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Keadaan udara Kepulauan Riau saat ini memprihatinkan terutama di Kota Batam, Pagi tadi Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 226 yang artinya keadaan udara yang di hirup tidak sehat.

Hal ini disampaikan oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, di dampingi Humas Polda Kepri Kombes Pol S.Erlangga, Dirreskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Rustam Mansur, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam Dr. Achmad Farchanny T A, MKM saat konferensi Pers di Gedung Graha Kepri,Rabu (18/9) pukul 14.00 wib.

"Kondisi kabut asap Kepulauan Riau khusus Batam, pada hari ini menunjukkan kisaran 170 - 226 ISPU, yang artinya udara saat ini dinyatakan tidak sehat untuk dihirup," Ucap Isdianto.

Dengan keadaan seperti ini Plt Gubernur Kepri menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas yang berada diluar rumah, dan untuk gunakan masker.

"Untuk atasi kabut asap saya himbau kepada masyarakat Kepri, kurangi aktifitas di luar rumah, jika terpaksa gunakan masker dan apabila ada merasakan gangguang pada pernafasan silahkan untuk datangi Rumah Sakit terdekat,"ucapnya kembali.

"Saya himbau juga kepada fasilitas kesehatan proaktif untuk memberi pelayanan terbaik,"sambungnya.

Saat ini dari Pemerintah, Kementerian Kepri, dan Sektor Swasta telah membagikan masker kepada seluruh masyarakat Kepri.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan masker terutama di sekolah, dan pasar, Pemerintah Kepri, Pemerintah Kabupaten Kota, dan Sektor Swasta saat ini telah membagi-bagikan 100 ribu lebih masker kepada masyarakat Kepri,"ungkapnya.

Kondisi udara Kota Batam terdeteksi sampai siang ini masih 114 tetapi masih tidak sehat untuk dihirup. ISPU yang sehat di bawah 100.(EAG)