Kuliner, Batam, News, Pariwisata

Jangan Lupa,21 September Batam Akan Peringati WCD 2019 di Berbagai Titik

Viktor | Selasa 17 Sep 2019 13:24 WIB | 208

Kemanusiaan
Pemko Batam
Perayaan
Lingkungan Hidup
Pantai


Logo memperingati hari WCD Sedunia (istimewa)


MATAKEPRI.COM Batam -- Sebanyak enam titik lokasi di Kota Batam akan menjadi sasaran dalam aksi bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD), yang dilaksanakan secara serentak pada 21 September 2019 mendatang.

"Keenam lokasi tersebut nantinya tersebar pada enam kecamatan seperti Batam Kota, Nongsa, Galang, Sei Beduk, Batuaji, dan Sagulung," kata Leader Team WCD Batam 2019, Muhammad Zulkarnain Purba, Selasa (17/9).

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan di Kecamatan Batam Kota nantinya akan dipusatkan di area wisata kuliner Welcome To Batam. Selanjutnya di Kecamatan Galang, kegiatan akan terpusat di pesisir pantai yang berada di Pulau Sembulang.

Sementara di Kecamatan Nongsa, kegiatan yang melibatkan beragam komunitas di Batam itu akan dilaksanakan di Pulau Buntal. Sedangkan di Kecamatan Sei Beduk nantinya dipusatkan di area pemukiman Tanjungpiayu Laut 

"Kalau di Kecamatan Batuaji dan Sagulung, kegiatan akan kita fokuskan di Lapangan sepak bola Genta 1 dan Lapangan umum SP Plaza," katanya.

Menurut Zulkarnain, keenam lokasi yang dipilih merupakan daerah yang terdapat banyak populasi sampah ilegal atau berada tidak pada tempatnya.

"Seperti yang kita ketahui, pantai bukanlah tempat sampah. Dengan melakukan aksi WCD maka wilayah tersebut akan representatif kembali. Begitu juga dengan area lapangan terbuka dan pemukiman warga," ucapnya

Ia pun menyatakan aksi bersih-bersih ini merupakan gerakan kerelawanan yang telah dilaksanakan kedua kalinya di Kota Batam. Kehadiran dan keterlibatan Walikota Batam Muhammad Rudi lanjut dia sangat diharapkan dalam aksi yang juga diikuti serentak oleh 158 negara di dunia.

"Alhamdulillah, tahun ini pelaksanaan WCD untuk jumlah lokasinya sudah bertambah bila dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya satu titik. Ini semua juga berkat komitmen para relawan dari beragam komunitas," kata Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan saat ini proses persiapan sudah mencapai 70 persen. Selebihnya ialah menghimpun relawan baru, baik secara personal, komunitas atau pun perusahaan untuk ditempatkan di titik aksi yang berada di Galang dan Sei Beduk.

Selain itu, aksi bersih bersih yang nantinya secara ceremonial akan dilaksanakan di area wisata kuliner Welcome To Batam diharapkan dari para peserta yang hadir membawa botol minum masing-masing.

"Sebisa mungkin kita tidak menimbulkan sampah baru, agar kebersihan lingkungan di kota ini dapat terjaga," jelasnya. (antaranews.com)