Batam, News, Kepri

Imigrasi Batam Gelar Operasi Gabungan Di Laut

Egi | Sabtu 07 Sep 2019 14:05 WIB | 103

Kamtibmas
Imigrasi


Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Ronny Sompie saat di Pelabuhan Batu Ampar (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Imigrasi Batam menggelar operasi gabungan untuk menjaga laut kepri dan melakukan pengawasan kepada orang asing dan barang yang melintas di perairan Kepri.Sabtu (7/8)


Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI, Ronny Sompie menjelaskan, kegiatan-kegiatan yang melawan hukum yang ditemukan dalam operasi gabungan tersebut, tindak lanjut penanganan kasusnya disesuaikan dengan bentuk kegiatan atau pelanggaran hukum yang tertangkap tangan.


“Tiap-tiap pelanggaran hukum diwilayah kelautan ada instansi-instansi yang akan memberikan hukum kepada orang asing tersebut,” ujar Ronny di Pelabuhan Batu Ampar.


Dikatakan Ronny, jika berkaitan dengan penyeludupan barang, maka itu sudah ada dari Bea dan Cukai, kemudian yang berkaitan dengan bawaan barang-barang yang lain contohnya barang kesehatan, tanaman dan juga hewan maka disini ada Karantina.


“Kalau dia ada pelanggaran dibidang kelautan khususnya dengan pertahanan maka kita serahkan kepada Guskamla, Bakamla atau Polairud seperti itu,” tambahnya.


Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan kedua kalinya setelah tahun 2017 dalam melakukan operasi gabungan antar instansi.


"Jadi ini kegiatan bersama yang kita lakukan setelah sebelumnya pada tahun 2017 juga pernah melakukan operasi gabungan secara bersama-sama,"jelasnya.


Sompie membeberkan, operasi gabungan harus dilakukan secara bersama, untuk menghadapi berbagai macam bentuk kejahatan di laut dan modus operandinya.


"Operasi gabungan ini memang harus kita lakukan secara bersama, untuk menghadapi berbagai macam tindak kejahatan di laut dan juga modus operandinya, khususnya kasus-kasus transnasional di laut di pintu gerbang negara kita," bebernya.


Dalam apel gabungan tersebut jumlah peserta sebanyak 300 orang, untuk yang menjalankan operasi gabungan sebanyak 50 orang dengan menggunakan kapal sebanyak 6 kapal yang akan melakukan pengawasan laut.(EAG)