Batam, News

Waaster Panglima TNI Gelar Wasev Opster TNI TA 2019

Juliadi | Selasa 03 Sep 2019 09:03 WIB | 2719

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, Batam - Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo melaksanakankegiatan pengawasan dan evaluasi (Wasev) terhadap kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA 2019 di Batam Kepulauan Riau, Senin ( 2/9 / 2019).


Opster TNI TA 2019, yang sudah digelar sejak tanggal 29 Juli 2019 di dua tempat yaitu di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam dan Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Galang.


Lantamal IV TPI Gelar Peringatan HUT Ke-18 Korps Suplai

Danlantamal IV Resmi Tutup Kegiatan Wasrik BPK

Prajurit Lantamal IV Menerima Sosialisasi Penegakkan Hukum Di Wilayah Tumpang Tindih


Pada pelaksanaan Wasev, Waaster didampingi oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Opster TNI TA.2019.


Di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, merupakan awal kegiatanya yaitu dari Danlantamal IV Tanjungpinang, dilanjutkan mendengarkandan mengikuti perkembanganOpster TNI Galang 01 TA 2019, yang dipaparkan oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto selaku Dansubsatgas Non Fisik.


Dalam sambutannya Danlantamal IV mengatakan,  pelaksanaan Operasi Teritorial TNI ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar dan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya kota Batam, dan dapat terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk menciptakan harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara.


Laksma Arsad juga mengatakan, “kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial TNI, dalam menangani permasalahan pengamanan di wilayah perbatasan, sehingga diperoleh pencapaian tugas yang maksimal untuk mendukung pemerintah kota  Batam”, ujarnya.


Dijelaskan juga “dalam rangka menciptakan keamanan pelayaran dari pembajakan, perompakan, pencurian kapal dan mencegah penyelundupan narkoba, BBM, elektronik, rokok, minuman keras, TKI ilegal, serta menanamkan kembali wawasan kebangsaan kepada segenap masyarakat”, pungkasnya.


Ditempat yang sama Waaster mengatakan “ saya memberikan apresiasi kepada Dansatgas Opster TNI Galang 01 TA. 2019 atas pelaksanaan yang sudah dikerjakan selama hampir 2 bulan”, pujinya.


“Bersinerginya dalam pelaksanaan tugas tersebut antara TNI, Polri dan masyarakat sehingga  tercipta satu kesatuan yang utuh untuk membangun didaerah tersebut”, ujarnya


“Opster TNI adalah salah satu sarana unutk membantu pemerintah daerah yaitu membentuk karakter yang baik, sehingga terhindar dan menyadari perilaku yang kurang baik, serta membantu masyarakat menunjang kegiatan bermasyarakat”, pungkasnya. 


Yang menarik pada paparan Aspotmar Danlantamal IV dimana menyampaikan secara rinci tentang pelaksanaan Opster TNI yaitu kegiatan Fisik dan Non Fisik, serta penayangan video wawancara terhadap salah satu masyarakat Keluarahan Sambau yang mengatakan “bangga dengan direnovasinya Mesjid An-Nur, karena selama ini tidak ada dari instansi manapun yang membantu renovasi tersebut” tuturnya


Kegiatan di Lanal Batam di tutup dengan foto bersama, dilanjutkan meninjau kegiatan fisik ke Posko Opster TNI Galang 01 TA 2019, Tibun dan WC Lapangan Sepak Bola, Lapangan Bola Volley, Lapangan Sepak Bola Takraw dan Mesjid An-Nur. 


Kegiatan non fisik yang disponsori Komunikasi Sosial terhadap masyarakat dan pelajar SMA sebanyak 200 orang bertempat di Aula Palm Spring. Kedua Kegiatan tersebut berada di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam.


Hadir pada acara tersebut Sekda Kota Batam Drs.Jefridin., M.Pd., Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, SH, M.Si., Dandim 0316 / Batam letkol Inf Romel Jangga Wardhana, Kapolresta Batam AKBP Prasetyo Rahmad Purboyo , Danpomal Lantamal IV, Letkol Laut PM Rus Indarto, M.Tr.Hanla., Danyonif-10 Mar / SBY diwakili Dankima, Danlanud Hang Nadim diwakili Kasiops. (***) 


Sumber: Kadispen Lantamal IV 



Share on Social Media