International, News

Dalam Waktu Dekat, PM Malaysia Akan Lakukan Reshuffle Kabinet

| Kamis 22 Aug 2019 17:44 WIB | 144



Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad(istimewa)


MATAKEPRI.COM, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dikabarkan bakal melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat, menyusul adanya laporan yang menyebut kepuasan masyarakat terhadap pemerintah menurun tajam. Dikabarkan The Straits Times, Kamis (22/8/2019), perdana menteri yang akrab disapa Dr M itu telah menggelar pertemuan dengan para petinggi partai koalisi berkuasa, Pakatan Harapan.

Dalam pertemuan yang digelar pada Rabu (21/8/2019) malam itu, disebut membahas rencana reshuffle kabinet. "Tun (Mahathir) akan melakukan reshuffle," kata seorang sumber kepada The Straits Times.

Lebih lanjut, sumber lain yang merupakan salah satu petinggi koalisi mengatakan, reshuffle tidak akan memunculkan wajah baru melainkan hanya merotasi posisi sejumlah pejabat menteri.

"Petinggi koalisi tidak menginginkan adanya pergantian wajah, karena nama baru juga akan sama tidak berpengalaman seperti menteri petahana," ujar petinggi partai bersangkutan. Jika benar tidak ada sosok baru, maka calon pengganti Mahathir, Anwar Ibrahim hampir dipastikan akan tetap berada di luar kabinet. Sebelumnya, sempat santer terdengar spekulasi yang menyebut Anwar akan menggantikan istrinya, Wan Azizah, sebagai wakil perdana menteri, demi memuluskan transisi kekuasaan.

Nama lain yang juga berpotensi kehilangan peluang menjadi menteri adalah Mustapa Mohamed. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional di masa kepemimpinan Najib Razak ini membelot dari UMNO dan bergabung dengan partai pimpinan Mahathir, Bersatu.(***/kompas.com)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait