Nasional , News

Lanal Banten Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Sangiang

Juliadi | Minggu 18 Aug 2019 21:33 WIB | 238

Polres
inspirasi
Kodim
HUT RI
TNI



MATAKEPRI.COM, Cilegon - Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menggagas kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut, Sangiang, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (17/8/2019). 


Pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut Sangiang adalah puncak gunung HUT RI Ke-74 yang digelar Lanal Banten dan Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) , Basarnas Banten, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon, Komunitas Diver Banten dan elemen lainnya. 


Dalam upacara ini, penyelam berbaris di dasar laut dikedalaman 8 meter dengan bentuk formasi tepat dihadapan tiang bendera yang dipimpin oleh Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah selaku Inspektur Upacara dan selaku Komandan Upacara Serma Saparudin dari Grup 1 Kopassus Serang.


Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah dalam sambutannya menyambut dengan semangat 17 Agustus ini kita pererat persatuan dan persatuan dengan mengibarkan bendera di bawah laut. Ini menunjukkan semangat kita, Meskipun dengan kerja keras membentangkan dengan susah payah tetapi hal ini bisa terlaksana dengan baik. Inilah yang ingin kita tunjukkan, semangat kita ingin kita contohkan untuk bangsa dan negara kita.


Lebih lanjut disampaikan tentang pengibaran bendera merah putih di bawah Laut Sangiang memiliki tantangan alam yang besar, namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi, seluruh penyelam dapat melakukan upacara dengan tenang dan aman.


“Lewatkan peserta dalam upacara Hari Kemerdekaan ini sangat diapresiasi pihaknya. Banyak diantara peserta terpanggil untuk bersama-sama mengibarkan bendera di bawah laut. Antusiasme dari para peserta untuk bergabung, kita tidak berhasil. Itulah yang kita harapkan, mereka pun terpanggil untuk menyelesaikan kegiatan ini, ”ujar Danlanal Banten.


Baca juga 

Upacara Penurunan Bendera Di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang Dihadiri Danlantamal IV

Upacara Pemberian Remisi Kepada 2.378 WBP Lapas Narkotika Kelas II Kijang Dihadiri Asintel Danlantam

Upacara AKRS Dihadiri Danlantamal IV Bertempat TMP Pusara Bhakti Tanjungpinang

Sementara itu, Ketua POSSI Cilegon Irfan Ali Hakim menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengibaran bendera di Laut Sangiang. Ia berharap, pengibaran dalam kerangka mengingatkan HUT RI ini dapat mendorong semangat nasionalisme seluruh masyarakat untuk selalu menerima dan melestarikan alam bawah laut yang ada di Banten.


“Tugas kita sebagai penerus bangsa, harus selalu menggelorakan semangat nasionalisme.   Dengan pengibaran ini, tugas kitalah untuk selalu menjaga dan melestarikan alam yang indah di bawah laut kita ini di Banten,” pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah, Wadirpolairuda Polda Banten AKBP Noer Wiyanto, Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin, Ketua POSSI Cilegon Irfan Ali Hakim, Kapolres Cilegon AKBP Rizky Agung Prakoso, Dandim 0623 Cilegon Letkol Armed Rico Ricardo Sirait. (**/Adi)