Batam, News

TNI AL Dan RSN Gelar Latma Joint Minex Bersama Pandu 2019

Juliadi | Kamis 15 Aug 2019 10:45 WIB | 163

Kunjungan Kerja
Kebijakan



MATAKEPRI.COM, Batam - Tentara Negara Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Singapura (RSN) menggelar Latihan Bersama (Latma) Joint Minex Bersama Pandu 2019. Latihan ini dibuka oleh Komandan Maritim Komando Keamanan, RADM Seah Poh Yeen pada Upacara Pembukaan yang dihadiri oleh Danguspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Irvansyah, bertempat di Batam, Kepri, Rabu (14/8/2019).


Hadir dalam Upacara Pembukaan antara lain Dansatran Koarmada I Kolonel Laut (P) Rizaldi, SE, selaku Dansatgas Latma Bersama Minex Pandu 2019, Danlanal Batam, Atal Indonesia, Atal Singapura, Komandan KRI Pulau Rupat-712, Komandan KRI Pulau Rengat-711, Komandan RSS Bedok, Komandan RSS Punggol dan para peserta latihan kedua negara.


Latihan bersama ini merupakan latihan rutin antara TNI AL dengan RSN dalam peperangan ranjau yang mendukung peningkatan profesionalisme kedua angkatan laut serta guna menjalin hubungan kerjasama dan diplomasi antara angkatan laut Indonesia dan Singapura.Lebih jauh lagi latihan ini memberikan dampak pencegahan dalam keamanan di wilayah tanggung jawab Koarmada I, khususnya di Selat Singapura.


Latihan bersama ini melatih kapal perang Indonesia KRI Pulau Rupat-712, KRI Pulau Rengat-711 dan kapal perang RSS Bedok, RSS Punggol serta Tim Kopaska Koarmada I dan Tim Penyelam RSN (NDU).Selat Singapura dan perairan timur Pulau Bintan ini, kedua negara akan bekerja sama dalam tantangan keamanan laut dan alur pelayaran untuk mencegah bahaya ranjau dan Waterborne IED.


Rencananya latihan akan ditutup pada upacara penutupan pada tanggal 19 Agustus 2019 di Changi Naval Base Singapura.(Adi)