Batam, News

Pangkoarmada I Pimpin Upacara Pembukaan Opster TNI Galang 01 TA 2019

Juliadi | Senin 29 Jul 2019 14:55 WIB | 2261




MATAKEPRI.COM, Batam - Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Yudo Margono meminpin upacara pembukaan Operasi Teritorial Tentara Nasional Indonesia (Opster TNI) Galang 01 Tahun 2019 di Lapangan sepak bola Gelora Latief Mahfud kelurahan Sambau kecamatan Nongsa,  senin (29/7/2019).

Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada I menyampaikan, Opster TNI merupakan tanggung jawab TNI  dalam melaksanakan amanat UU nomor 34 tahun 2004 khususnya dalam operasi militer selain perang membantu pemerintah daerah. Disamping itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna persatuan dan kesatuan bangsa. 

" kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, " ungkapnya.

Opster TNI yang digelar ini mempunyai  prioritas sasaran utama yaitu Renovasi rumah ibadah, posyandu, bakti sosial, pembagian sembako, pengobatan/pemeriksaan gratis dan sunatan masal.

Disamping itu, sasaran non fisik meliputi kegiatan sosialisasi bahaya dan pencegahan narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan dan lain lain.

Opster TNI yang akan dilaksanakan  dalam waktu eman puluh hari ini, diharapkan dapat membantu masyarakat di wilayah sekitar tempat dilaksanakan kegiatan ini.

Pangkoarmada berpesan, kepada prajurit yang terlibat secara langsung dalam Opster TNI ini, agar memanfaatkan kegiatan ini untuk memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Sengaja saya pilih di wilayah Batam karena ini adalah wilayah yang paling berdekatan dengan Singapura, di mana ini menjadi wilayah yang sangat intim. Jadi nanti kami akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak ada pelanggaran di wilayah laut," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut Kasrem 033/WP  Kolonel INF Jimmy Watuseke, Para Asisten, Danlanal Batam  kolonel Laut (P) Alan Dahlan, Dandim 0316/Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardana, para unsur Forkopimda, Sekda Provinsi Kepulauan Riau, wakil wali kota Batam, dan Para Tokoh Masyarakat. (**/Adi) 



Share on Social Media