International, News, Politik

Beji Caid Essebsi, Presiden Tertua Di Dunia Meninggal Di Usia 92 Tahun

Moria | Kamis 25 Jul 2019 19:48 WIB | 426



Beji Caid Essebsi (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Tunis - Presiden pertama Tunisia yang dipilih secara bebas, Beji Caid Essebsi, meninggal dunia. Presiden tertua di dunia ini meninggal di usia 92 tahun.

Dilansir dari BBC, Kamis (25/7/2019), Essebsi adalah presiden tertua di dunia. Dia dirawat di rumah sakit pada hari Rabu tetapi para pejabat tidak mengatakan Essebsi sakit apa.

Essebsi memenangkan Pemilu bebas pertama Tunisia pada tahun 2014 setelah fenomena Arab spring di seluruh wilayah negara itu. Dia dirawat di rumah sakit bulan lalu setelah menderita apa krisis kesehatan yang parah.

Mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut penyakit Essebsi. Namun, Perdana Menteri Youssef Chahed, yang mengunjunginya di rumah sakit, mendesak orang untuk berhenti menyebarkan berita palsu tentang kondisi Essebsi saat itu.

Menurut konstitusi negara itu, Chahed dapat mengambil alih sebagai presiden tidak lebih dari 60 hari atau sampai seorang pengganti terpilih.

Awal tahun ini, Essebsi mengumumkan dia tidak akan maju lagi dalam pemilihan yang rencananya digelar November.

Dia mengatakan pada pertemuan partai Nidaa Tounes yang berkuasa bahwa seseorang yang lebih muda harus mengambil alih. Dia mengatakan sudah waktunya untuk membuka pintu bagi kaum muda.

Essebsi adalah seorang mantan pengacara yang belajar dan berlatih di Paris. Selama karier politiknya, dia juga pernah menjabat sebagai menteri dalam negeri dan Ketua Parlemen.

Mantan Presiden Tunisia Zine el-Abedine Ben Ali digulingkan pada 2011 setelah 23 tahun menjabat. Sejak itu, Tunisia telah mendapat pujian sebagai satu-satunya demokrasi yang muncul dari revolusi yang disebut Arab spring.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir negara ini telah menderita serangan oleh kelompok radikal dan masalah ekonomi termasuk masalah pengangguran yang terus-menerus.

(***/DETIKNEWS)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait