Batam, News, Kepri

Poli Batam Akan Memperbanyak Dosen Dari Industri Untuk Meningkatkan Relevansi Dan Kualitas

Egi | Kamis 18 Jul 2019 17:47 WIB | 166

Asusila
Seremonial
Pesawat
Pendidikan
Universitas


Penyerahan SK RPL setara KKNI level 8 kepada 8 dosen praktisi oleh Menristekdikti Prof. Moh. Nasir(Foto:Egi/MK)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Politeknik Negri Batam membuka kesempatan untuk menjadi Dosen Praktisi bagi professional dan pelaku industri di Batam. Dosen Praktisi ini sesuai dengan amanat dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Meristekdikti) bagi Politeknik untuk memperbanyak dosen dari industri. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Politeknik Negeri Batam Dr, Priyono EKo Sanyoto saat meresmikan Bangunan Laboratorium Hanggar Perawatan Pesawat Udara di Kampus Politeknik Negeri Batam. Kamis,(18/7).

Program ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Politeknik dengan industry dan diharapkan dapat meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan politeknik. Sesuai aturan, dosen praktisi yang memenuhi syarat dapat memeperoleh Nomor Induk dosen Khusus (NIDK). 

"Kebijakan ini mengenai NIDK ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 26 Tahun 2015 tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi,"ucap Priyono.

Perekrutan Dosen Praktisi Polibatam dapat dilakukan melalui mekanisrne penugasan oleh industri atau instansi maupun secara sukarela. 

"Penugasan oleh industri atau instansi terjadi jika Dosen Praktisi ditunjuk oleh industri atau instansi karena adanya aktivitas kerjasama pembelajaran  antara  Poli Batam dan industri atau instansi. Mekanisme sukarela dilakukan dengan  inisiatif calon  Dosen  Praktisi mendaftar sebagai dosen di Poli Batam," Ucapnya kembali. 

Secara ringkas, deskripsi Dosen Praktisi adalah Status kepegawaian tetap di industri atau instansi asal, dapat  mengusulkan  jenjang karir jabatan akademik, dapat  mengikuti pembinaan  dan  peningkatan kompetensi pedagogi di Poli Batam, dapat  memperoleh NIDK. 

"Bagi dosen yang belum memiliki jenjang pendidikan  magister,  dapat dilakukan penyetaraan melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL),"ungkapnya.

Terkait proses penyetaraan melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Dosen Praktisi, sudah diserahkan SK RPL setara KKNI level 8 (delapan) kepada 8 (delapan) dosen praktisi Polibatam oleh Menristekdikti Prof. Moh. Nasir pada saat acara Peresmian sekaligus Peninjauan Hanggar Perawatan Pesawat (ADB Funding) yang bertempat di kampus Politeknik Negeri Batam. Kedelapan SK RPL tersebut merupakan batch pertama Dosen Praktisi di Polibatam. Berikutnya Polibatam akan melakukan RPL bagi 100 an Dosen Industri sampai tahun 2020.(EAG).