Batam, Olahraga, Kepri

Taekwondo Kharisma Bangsa Gelar UKT Untuk Menemukan Bibit Atlet Andalan

Egi | Selasa 16 Jul 2019 13:19 WIB | 4751



Para peserta ujian kenaikan tingkat / sabuk UTI PRO Kepulauan Riau (Foto:Egi/MK)


MATAKEPRI.COM,BATAM- Pengurus Taekwondo Kharisma Bangsa melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di DC Mall Batam, Lebih dari 200 taekwondoin diuji kemampuannya, mulai dari sabuk putih hingga merah strip. Selasa (16/7)

Ujian itu diikuti dari berbagai tempat latihan seperti Dojang Citra Mas, Dojang Harapan Utama, Dojang Tunas Bangsa, Dojang Kharisma, Dojang Theodore, Dojang Avava, Dojang Bengkong Laut, Dojang Laksamana Cheng Ho, Dojang Sunrise, Dojang Cahaya Garden, Dojang UIB, Dojang Club House Anggrek Mas 3, Dojang Harbour Bay Mall, Dojang Kepri Mall dan Dojang Hanin Taekwondo Centre yang terletak di gedung LAM Batam center dan Dojang DC Mall.

Master Siauw Lung Wu salah satu penguji nilai pada UKT itu mengatakan, ujian kenaikan tingkat ini bukan hanya sekadar ujian. Namun, dari ujian ini, ia berharap akan menemukan bibit-bibit atlet potensial yang kelak bisa dibina untuk menjadi atlet andalan yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.


Selain itu katanya, dengan UKT ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman dan kemampuan para taekwondoin agar bisa bersaing di kejuaraan-kejuaraan yang lebih besar lagi."Untuk mengukur kemampuan para atlet apakah sudah siap atau belum untuk naik ke jenjang berikutnya,"ucap Siauw Lung Wu.

Sementara itu, salah satu penguji gerak pada UKT ini Sabeum Soewito Trikusuman mengatakan, UKT ini sengaja mereka lakukan agar materi atau ilmu yang telah ditempuh selama masa berlatih dapat diukur dari para Taekwondoin Kharisma Bangsa.


"Untuk tahap ujiannya itu ada dasar-dasar tendangan, pukulan, tangkisan juga rangkaian jurus kibon dan taegeuk 1 sampai 8, perkelahian (kyorugi), ketahanan fisik dan pemecahan benda keras (kyukpa),"kata Soewito. 

Ketua Universal Taekwondo Indonesia (UTI) Pro Kepri, Rudy Alie mengatakan pengurus UTI Pro Kepri selalu mendukung dan mendorong atlet-atlet taekwondo untuk selalu mengembangkan bakatnya agar terus berprestasi baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

"Kita terus membina dan mendorong para atlet taekwondo di Kepri agar rutin dan disiplin dalam berlatih agar nantinya atlet - atlet di Kepri dapat  menorehkan prestasinya di tingkat daerah,  nasional maupun internasional," ujar Rudy.(EAG)




Share on Social Media