International, News, Politik

Untuk Kali Ketiga, Presiden AS Bertemu Dengan Pemimpin Korut

| Minggu 14 Jul 2019 08:57 WIB | 3530



Presiden AS Bertemu Dengan Pemimpin Korut (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Washington Dc - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menceritakan pengalamannya bertemu Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un untuk kali ketiga.

"Kim sangat senang bertemu saya," ujar Trump kepada awak media di Gedung Putih. Dia bertemu Kim di zona demiiiterisasi (DMZ) pada akhir Juni lalu. Ditemani Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Trump kemudian menuju ke Panmunjom dan menjadi presiden pertama AS yang menginjakkan kaki di Korut.

Dilansir Newsweek Jumat (12/7/2019), Trump menyebut reaksi positif yang ditunjukkan Kim adalah hal positif. "Dia jarang tersenyum. Namun saat bertemu, dia melakukannya," katanya.

Dia mengklaim di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, dia menguji coba senjata nuklir dan meledakkan gunung. "Namun ketika saya menjabat, dia tak melaksanakannya," terang dia.

Korut pertama kali menguji coba nuklir saat dipimpin ayah Kim, Kim Jong Il, dengan mantan Presiden George W Bush mempercepat upaya melakukan denuklirisasi.

Setelah itu Pyongyang melakukan empat tes senjata lagi, dua oleh Kim Jong Il dan sisanya oleh anaknya, ketika Obama berkuasa di Gedung Putih.

Kim bahkan mengambil langkah lebih drastis setelah Trump menjabat.

Yakni dengan mengumumkan uji coba rudal balistik antar-benua (ICBM), dan bom termonuklir.

Uji coba itu sempat membuat Kim dan Trump terlibat perang komentar sepanjang 2017, dan baru mencair setelah dalam pidato Tahun Baru 2018, Kim menyatakan siap berdialog.

Mencairnya hubungan itu mencapai puncak setelah Kim dan Trump bertemu untuk pertama kali di Singapura pada Juli 2018, dan menghasilkan kesepakatan guna denuklirisasi.

Kemudian dialog kedua dilaksanakan akhir Februari di Hanoi, Vietnam. Namun, pertemuan itu menemui jalan buntu dengan AS dan Korut saling menyalahkan.

Meski buntu, diketahui Trump dan Kim saling berkirim surat dengan dua pemimpin dilaporkan sama-saam tertarik untuk melangsungkan pertemuan ketiga. "Senang bertemu Anda.

Saya tak menyangka bisa bertemu Anda di tempat ini," ujar Kim yang nampak terkejut ketika Trump melangkah kakinya di perbatasan. "Ini menjadi kehormatan saya," balas Trump ketika Kim menawarkan apakah dia bersedia melangkahkan kakinya di wilayah Korut, yang kemudian diiyakannya.




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait