Nasional

Puluhan Gempa Susulan Masih Di Rasakan Hingga Pagi Ini

Egi | Selasa 09 Jul 2019 09:03 WIB | 1032



Kasi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Edward H Mengko (Foto: Antaranews)


MATAKEPRI.COM,MANADO-Sebanyak 87 gempa susulan terjadi pasca gempa utama magnitudo 7,1 pukul 22.08 wib pada minggu 7 juli 2019. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Edward H Mengko pagi ini pukul 08.04 wita.

"Gempa susulan ini masih terjadi di sekitar lokasi gempa utama," ujar Edward mengutip dari Antaranews, Selasa (9/7/2019).


Dijelaskannya, dari puluhan gempa susulan yang terekam tersebut, tiga di antaranya dapat dirasakan. Gempa signifikan seperti yang terjadi di antara perairan Sulawesi Utara dan Maluku Utara hampir selalu diikuti gempa susulan untuk mencapai kestabilan.


"Untuk mencapai kestabilan itu harus terus lepaskan energi dalam bentuk gempa," kata dia.


Menurutnya, ada metode untuk menghitung kapan kira-kira gempa susulan itu selesai, namun metode tersebut tidak berlaku sama di setiap tempat karena setiap lokasi parameternya berbeda.

"Bisa dipengaruhi densitas batuan, tekanan lempeng tektonik yang terus bergerak atau gaya-gaya yang bekerja, kita mengistilahkan terjadi peluruhan," ucapnya sembari menjelaskan bahwa aktivitas lempeng tektonik tidak pernah berhenti dan akan terus bergerak.(**)


Sumber : antaranews dan okezone



Share on Social Media