News, Politik

Sudah Daftar, Rusdi Kirana Memilih Mundur Calonkan Diri Sebagai Anggota BPK 2019-2024

| Kamis 04 Jul 2019 16:56 WIB | 3053



Rusdi Kirana (Istimewa)


MARTAKEPRI.COM, Jakarta - Sempat mencalonkan diri sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2019-2024, Rusdi Kirana memilih mundur dan masih ingin fokus dengan tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia saat ini. Komisi XI DPR RI memastikan seluruh administrasi Rusdi pun resmi ditarik per hari ini dari DPR RI.

"Pak Rusdy narik berkasnya sebagai calon anggota BPK hari ini," ujar Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Golkar Misbakhun di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (4/7). 

Selain Rusdi Kirana, pada Rabu (3/7), Ferry Joko Juliantoro juga tercatat mencabut diri dari pencalonan anggota BPK. Sehingga total hingga saat ini ada 62 orang yang mencalonkan diri sebagai anggota BPK. 

"Kalau Pak Ferry narik berkasnya kemarin," katanya. 

Namun demikian, Misbakhun tak menjelaskan lebih lanjut alasan keduanya mencabut berkas sebagai calon anggota BPK. Dia hanya menjelaskan, sampai saat ini Komisi XI baru sampai tahap administrasi, sehingga masih bisa mencabut dokumen. 

"Boleh, diperkenankan. Kan prosesnya saat ini kelengkapan dokumen dan isi makalah sampai minggu ini, karena minggu depan sudah kasih ke DPD," jelasnya. 

Saat ini hanya tersisa 62 orang yang terdaftar sebagai calon anggota BPK RI 2019-2024. Mereka nantinya akan menggantikan lima orang di BPK yang masa jabatannya habis tahun ini, yakni Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasi, dan Eddy Mulyani Soepardi (alm).

(***/kumparan)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait