Batam, News, Pendidikan

Hari Ketiga PPDB Ratusan Calon Siswa Telah Terdaftar, Tenaga Operator Bekerja Hingga Petang

| Rabu 03 Jul 2019 20:33 WIB | 2186



Para siswa yang akan mendaftar di SMA. (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Sagulung - Di hari ketiga prose Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Batam, Sagulung berjalan dengan cukup kondusif. Untuk kuota Pendaftaran perhari pihak sekolah telah menemukan yaitu sebanyak 200 pendaftar.


Dengan hanya menggunakan lima tenaga operator, untuk melayani semua administrasi dalam sistem zonasi, yang membuat proses ini berjalan hingga sore hari. Hal tersebut di ungkapkan oleh Bahtiar, selaku Kepala sekolah SMAN 5 Batam, pada Rabu (3/7).


" Proses verifikasi berkas, berjalan hingga sore menjelang Maghrib, dimana dalam sehari ada sebanyak 200 kuota," ucap Bahtiar.


Ada beberapa penyebab terkendala nya dalam proses ini. Antara lain, beberapa berkas domisili untuk menentukan jarak sekolah ke rumah peserta didik.


Bahtiar pun tak menepis, bahwa SMAN 5 Batam, merupakan salah satu sekolah yang diminati oleh para orang tua. Hal tersebut terbukti dari jumlah pendaftar di sekolah tersebut, pada hari ketiga ini ada sebanyak 650 lebih pendaftar.


" Sedangkan sekolah ini hanya menerima siswa baru sebanyak 360 siswa, yang nanti nya akan di bagi menjadi 10 kelas. Yang mana ada 2 jurusan, IPA dan IPS," kata Bahtiar.


"Hingga hari ketiga ini, pendaftaran masih berjalan dengan kondusif, para orang tua juga telah memahami bagai mana aturan yang berlaku dalam proses PPDB," paparnya


Bahtiar pun melanjutkan menambahkan,  untuk jalur prestasi yang sesuai dengan juknis Dinas Pendidikan Provinsi, ada kouta sebanyak 15 persen yang terbagi dalam dua jenis. Yaitu, prestasi akademik  dari nilai Ujian Nasional (UN) dan rapor. Lalu, non akademik seperti pengembangan diri siswa yang  ber sertifikat tingkat kota dan provinsi.

"Jadi untuk jumlah siswa yang menggunakan jalur prestasi ada sebanyak 50;siswa dari total 360 siswa terdapat. Dan diharapkan kepada seluruh orang tua siswa agar bisa menerima  dan memahami aturan proses PPDB yang telah berlaku tahun ini," harapnya. (Agung.AM)



Share on Social Media