Nasional , News, Olahraga, Soccer

Timnas wanita Indonesia Sedang Melakukan Pemusatan Latihan Di Yogyakarta

Juliadi | Senin 01 Jul 2019 21:33 WIB | 3354



Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam -  Tim nasional wanita Indonesia akan menjalani 5 pertandingan uji coba untuk meningkatkan kemampuan bermain dan ketahanan fisik.


Dari 5 laga uji coba itu, sebanyak empat di antaranya akan menghadapi tim sepak bola putra U-15, sedangkan sisanya melawan tim putri.


Berita Transfer, PSG Bidik The Next Kaka Usai Ditinggal Rabiot


Saat ini, timnas wanita Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan di beberapa lokasi di Yogyakarta.


"Dua pekan awal pemusatan latihan memang lebih dititikberatkan kepada latihan fisik, sedikit principal of play atau prinsip bermain dan organisasi permainan," kata asisten pelatih timnas wanita, Yopie Riwoe.


"Namun, pekan ini pemusatan latihan akan berfokus pada taktikal. Uji coba perdana nanti akan menghadapi tim Asprov DIY, tujuannya tak lain untuk menguji organisasi permainan yang sudah ditanamkan kepada pemain."


"Tidak mungkin mencari tim wanita di Indonesia yang kekuatannya setara dengan timnas, karena belum ada kompetisi berkesinambungan yang berpengaruh pada kualitas pemain," ujar Yopie.


"Jika menghadapi pria, meski rentang U-15, sebenarnya hal ini setara seperti kekuatan tim sepak bola wanita di negara lainnya. Dengan lawan seperti ini, tujuannya untuk melatih mereka agar berani saat duel-duel," tutur Yopie.


Skuad Garuda Pertiwi mengalami beberapa kali perpindahan tempat latihan. Dari sebelumnya di Stadion Tridadi dan Lapangan UNY pada 21-29 Juni 2019, kini di daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.


Mereka menetap di daerah Kaliurang dari 30 Juni - 29 Juli 2019 untuk pemantapan latihan tim.


Setelah itu, timnas wanita akan bertolak ke Jakarta pada 29 Juli - 4 Agustus 2019, dan melanjutkan perjalanan ke Chonburi, Thailand, 5 Agustus 2019 mendatang.


Pelatih kepala timnas wanita, Rully Nere, mengaku pemindahan tempat pemusatan latihan ke daerah yang lebih sejuk dan tinggi seperti Kaliurang sengaja dilakukan dengan berbagai pertimbangan.


Yopie menambahkan, terkait 4 laga kontra tim putra dengan rentang usia U-15, dirinya mengaku hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan tim yang akan dihadapi nanti.


Baca juga : Semi Final Copa America 2019, Timnas Brasil Akan Menghadapi Timnas Argentina


Pertimbangan utamanya agar setiap pemain jauh lebih fokus di daerah yang jauh dari keramaian kota, apalagi persentase latihan fisik dan taktik akan berimbang.


"Pada pekan yang baru ini, memang kami sengaja berpindah ke daerah tinggi karena ada beberapa pemantapan latihan lagi menyangkut fisik pemain," ujar Rully.


Saat Olimpiade Tokyo, Botol Minum Plastik Jadi Kabar Baik


Untuk mempersiapkan kondisi para pemain, akan ada pula latihan kombinasi kondisi fisik di alam terbuka, yakni lari lintas alam atau cross country.


Pelatih kiper timnas wanita, Haryono, memastikan bahwa kegiatan tersebut tak hanya penting bagi penjaga gawang, tetapi semua pemain.


"Pembentukkan fisik ini sangat perlu karena selepas hari raya Idulfitri, tanpa kompetisi dan tanpa latihan di klub, fisik pemain pasti menurun. Lari lintas alam penting bagi pemain, minimal 30-35 menit," tutur dia.



Minggu, 7 Juli 2019, 15.30 WIB
Vs DIY Putri
di Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta



Minggu, 14 Juli 2019, 15.30 WIB
Vs Astara Sleman Putra U-15
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta 



Sabtu, 20 Juli 2019, 15.30 WIB
Vs Sleman Putra U-15
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta 



Rabu, 24 Juli 2019, 15.30 WIB
Vs Baturetno Bantul Putra U-15
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta



Sabtu, 27 Juli 2019, 15.30 WIB
Vs Raga Putra Menoreh Kulon Progo Putra U-15
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. (***) 


Sumber : Kompas.com 



Share on Social Media