Batam, News, Mata Foto, Hukum & Kriminal, Kepri, Batam

Puluhan Kasus Di tangani KPPAD kota Batam, Ini Yang Dominan

| Minggu 30 Jun 2019 23:59 WIB | 2397

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Adbilah, ketua KPPAD kota Batam bersama para komisioner


MATAKEPRI.COM, Batam - Berdiri sejak 8 Maret 2019 lalu, Komisi Pengawas dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) kota Batam mempunyai banyak sekali PR yang harus segera ke rampungkan.


Lembaga independen yang beranggotakan 5 orang tersebut, berkantor di gedung bersama, Batam Center. Yang mana Abdilah selaku ketua, Nina Inggit Garnasih wakil ketua, dan Leny Fitriana, Aznedra, Siti aminah sebagai anggota.


Abdillah mengatakan, sejak awal kami di Lantik oleh walikota Batam lalu hingga saat ini sudah menangani puluhan Kaskus terkait anak-anak.


" Kasus yang di tangani oleh KPPAD kota Batam, lebih di dominasi oleh Hak asuh anak, dan kekerasan secara seksual. Namun ada juga beberapa kasus lainnya yang kita temukan " ucap nya.


Karena KPPAD kota Batam baru berdiri, jadi masih banyak yang harus di lakukan, dari mulai sosialisasi hingga penyelesaian masalah tentang anak-anak.


Dan dari data yang di miliki oleh KPPAD kota Batam, banyak warga di area muka kuning menjadi pelaku adopsi anak ilegal. Ada beberapa hal mengapa itu bisa terjadi.


" Yang menjadi faktor utama adalah para keluarga yang takut untuk melakukan proses tersebut peletakan adopsi anat tersebut, dan ada beberapa keluarga yang mengutarakan alasan tertentu " papar Abdillah.


Abdilah menjelaskan kehadiran KPPAD kota Batam untuk membantu para keluarga yang belum mengerti, atau mendampingi beberapa keperluan yang berkaitan dengan anak.


Beberapa contoh, dari mulai adopsi anak, penyelesaian anak bermasalah dan juga akan melakukan sosialisasi terkait akte kelahiran.


" Beberapa saat lalu kita kebeberapa interland, dan masih banyak kita temukan keluarga, yang mengatakan bahwa sang anak belum memiliki akte kelahiran " kata abdilah.


" Ini merupakan salah satu masalah yang harus kita sosialisasi, betapa penting nya Akte kelahiran untuk sang anak. Baik saat akan mendaftar sekolah dan beberapa administrasi lainnya. Dan pengurusan akte itu gratis di dinas Kependudukan " jelasnya.


Dan ini merupakan kerjasama sama antara Disdukcapil kota Batam dan KPPAD kota Batam untuk mensosialisasikan pentingnya akte kelahiran bagi sang anak. (Agung.AM)



Share on Social Media