Otomotif, Batam, News

Doni Wahyudi, Siswa SMK Kartini Juara 1 lomba karya tulis ilmiah Yang Gelar Capella Honda

Juliadi | Sabtu 29 Jun 2019 12:13 WIB | 4697



Para Juara Lomba karya tulis (Foto : Adi/MK)


MATAKEPRI.COM, Batam - PT Capella Dinamik Nusantara Kepulauan Riau kembali menggelar lomba karya tulis ilmiah “Astra Honda Motor Best Student 2019 Regional Kepri” . Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Capella Honda pada dunia pendidikan.


Harry Sutiono, selaku Regional Head PT Capella Dinamik Nusantara Kepulauan Riau mengatakan pada sambutan bahwa  kegiatan AHMBS yang ke - 17 ini merupakan kontribusi kami untuk menemukan generasi muda yang memiliki semangat entrepreneur dalam memulai usaha bisnis sejak bangku sekolah.


Dikatakan Harry, bahwa sesuai dengan tema tahun ini “Creatifpreneur Gen Milenial” kami benar benar berharap mampu menemukan siswa siswa generasi milenial yang memiliki kreatifitas dalam mengembangkan usaha bisnisnya.


Tony Anggadha, selaku Honda Customer Care Sub Dept. Head, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility Honda dalam dunia pendidikan.


“Jadi Honda tidak hanya semata-mata bergerak di dunia sepeda motor, namun juga berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan. Nantinya akan ada kerjasama lanjutan kepada sekolah yang memenangkan lomba ini, ” jelas Tony, Sabtu (29/6/2019).


Tony, melanjutkan dalam proses seleksi AHM Best Student ini diawali dengan sosialisasi ke SMA/SMK sederajat di Kepri. Setelah proses pendaftaran dan seleksi adminitrasi, siswa yang lolos ke tingkat provinsi akan memasuki tahapan final yaitu presentasi kepada dewan juri. Babak final dilaksanakan di Kota Batam, tepatnya di kantor PT Capella Dinamik Nusantara.


Tony, menambahkan dalam tahapan final ini, peserta harus mampu meyakinkan dewan juri bahwa karya tulisnya benar-benar orisinil dan dijalankan sendiri oleh peserta. Selain itu, dewan juri yang terdiri dari Dra. Hj. Milaini, MM perwakilan Dinas Pendidikan Kota Batam, Dra. Sri Lestari, Yusmarni, S.Pd, MM perwakilan majelis guru dan Tony Anggadha selaku dewan juri dari Main Dealer juga melakukan penilaian dari segi sistematika penulisan, kinerja bisnis, dampak sosial, prospek bisnis, pengelolaan bisnis dan penggunaan media sosial dalam melakukan promosi bisnis.


Dikatakan Tony, pada tahapan ini, siswa juga akan memutar video promosinya terkait usaha yang dijalankan.


“Dalam penilaian ini, kami benar-benar mengedepankan kualitas dari karya siswa dan netralitas dewan juri. Salah satu bentuk netralitas kami adalah tidak satu pun dewan juri dari perwakilan guru memiliki siswa yang mengikuti kontes ini, ” tegas Tony


Menurut Tony, peserta yang keluar sebagai juara 1 pada seleksi tingkat regional ini akan kembali bertanding di tingkat nasional.


“Siswa yang berhasil menjadi juara 1 akan kami kirimkan ke Jakarta untuk mengikuti AHM Best Student 2019 tingkat Nasional. Nantinya, siswa ini tidak hanya mewakili sekolah atau Main Dealer Capella Honda saja, tetapi juga berlomba dengan membawa bendera Kepri, ” tambah Harry.


Menurut Harry, proses seleksi yang sangat ketat pada tahun ini, menghasilkan 6 finalis yang layak melaju ke tingkat provinsi, yaitu Doni Wahyudi dari SMK Kartini (Juara 1), Ardhy Perdana Sinaga dari SMAN 4 Batam (Juara 2), Markus dari SMAN 2 Tanjung Pinang (Juara 3), Ahmad Yani dari SMKN 3 Batam, M Rizky Firmansyah dari SMKN 1 Tanjung Pinang.


Baca juga : Tampilan Baru New Honda BeAT Street eSP Semakin Ekspresif


Lanjut Harry, pemenang tahun ini mengusung bisnis clothing line, yaitu menggunakan tekhnik sablon glow in the dark.


“Pada proses pembuatannya saya menggunakan bubuk fosfor yang mampu mengubah energy menjadi cahaya namun tetap aman bagi tubuh dan harganya juga relative terjangkau, ” kata Doni


Disela-sela penyerahan hadiah kepada juara, Dra. Milaini, MM, selaku pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan kota Batam mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memang dibutuhkan untuk memacu siswa untuk berkreasi dan membawa perubahan pada generasi muda serta masyarakat di lingkungannya. (Adi) 



Share on Social Media