Batam, News, Mata Foto, Hukum & Kriminal, Batam

Begini Pengamanan Sel blok Maximum Security Di Lapas Batan

| Jumat 28 Jun 2019 15:46 WIB | 2504



Sel blok Maximum Security lapas kelas IIA Batam



MATAKEPRI.COM, Batam - Sel blok maximum security yang saat ini tengah di huni oleh Terpidana kasus pembunuhan Mindo Tampubolon memiliki pengaman yang lebih di banding Blok Medium.


Jika pada blok medium hanya perlu melewati 2 pintu untuk sampai ke area lapangan. Hal tersebut di sampaikan langsung oleh kepala lapas Kelas IIA Batam, Surianto saat di temui pada Kamis (27/6) kemarin.


" Kalau pada sel Blok Maximum Security, para napi harus melewati 4 pintu untuk bisa sampai ke area lapangan atau tempat di mana para napi biasa melakukan aktivitas sehari-hari " jelas Surianto.


Pembukaan blok pun tidak bisa dilakukan setiap saat, hanya pada saat tertentu saja. Seperti pada waktu makan dan pada pergantian shift jaga.


" Bahkan tidak semua petugas jaga bisa masuk. Hanya ada beberapa petugas yang bisa masuk dan langsung melakukan pengecekan terhadap seluruh napi yang berada di sel blok Tersebut " ungkapnya.


Sedikit informasi, untuk waktu seberapa lama para napi menghuni sel Blok Maximum Security tersebut, Surianto mengatakan untuk waktu 1/3 dari masa tahanan.


" Namun itu menjadi perhitungan yang ke Dua, karena tolak ukur pertama adalah personal asesmen. Semakin baik dia dan bisa menerima serta mampu bersikap baik itu akan menjadi penilaian yang positif oleh para petugas " kata Surianto.


Dan bukan tidak mungkin, napi yang telah berada di Sel blok medium masuk kembali ke sel blok Maximum Security. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal.


" Apa bila napi tersebut dalam kondisi yang bisa membahayakan napi lain atau dirinya sendiri, pasti akan kita pindahkan lagi ke blok Maximum. Hal tersebut agar keamanan tetap terjaga " pungkasnya. (Agung.AM)




Share on Social Media