Batam, Ekonomi, Batam

BP Batam akan menggunakan Blockchain untuk mengelolah Pemerintahan

Egi | Selasa 25 Jun 2019 17:03 WIB | 4065

BP Batam


Kepala BP Batam Edy Putra Irawady jawab pertanyaan awak media (Foto : Egi/MK)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Teknologi Integrasi Jaringan Terpadu seperti Blockchain akan digunakan Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam tata kelola pemerintahan.Teknologi ini terintegrasi untuk semua sektor yang fungsinya mirip Online Single Submission (OSS).(25/06)

Dengan adanya Blockchain ini maka proses submit dokumen antar divisi di Batam akan berlangsung cepat, praktis dan efisien.

"Block Chain ini adalah inovasi, bagi investor potensial, ini merupakan bahan promosi yang bagus," ujar Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady usai acara Deklarasi Batam Digital Economic Zone di Gedung IT Centre BP Batam, baru-baru ini. 

Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam akan menerapkan Teknologi BlockChain ini. Dengan adanya Block Chain ini maka submit data bisa lebih cepat. 

“Makanya inovasi seperti ini tidak akan pernah mati, akan terus bertahan sesuai dengan perubahan zaman,"ungkapnya.

Sementara itu Asisten Deputi Menteri Moneter dan Neraca Pembayaran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Prio Pambudi mengatakan dengan adanya Block Chain ini maka usaha di Batam dapat berbasis digital. Block Chain ini integrasi dari berbagai manfaat.

Penerapan Block Chain pada sisi pemerintahan akan memberikan dampak yang luar biasa. Contohnya ketika ada permasalahan C1 pada Pemilihan Umum (Pemilu) kemaren, dan khususnya di bidang kependudukan, bisa teratasi dengan Block Chain ini.

“Dengan adanya Blockchain ini, kita tidak perlu bangun sistem masing-masing, informasi terdesentralisasi. Di pemerintahan sendiri, kita tahu masalah utama efisiensi, dengan adanya Blockchain,menggunakan nya mudah dan nyaman,”ucap edy.

Di bidang tersebut, kebutuhan terhadap data personal sangat tinggi, apalagi saat membuat kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, akta lahir dan lainnya.

“Dengan blockchain, satu dokumen bisa dibuat dan divalidasi dalam jumlah banyak. Kita jadi tak perlu datang ke kantornya, karena infomasi sudah tersentralisasi. Blockchain ini teknologi untuk mencari informasi.(EAG)




Share on Social Media