News, Politik

Ibu Kota Pindah Ke Luar Jawa, Bamsoet : Ini Perlu Studi Kelayakan

| Kamis 02 May 2019 16:03 WIB | 1551



Pemindahan Ibu Kota (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Keputusan Joko Widodo yang telah disampaikan kepada pemerintah yang berencana memindahkan ibu kota Negara Indonesia ke luar pulau Jawa. Hal ini ditanggapi oleh ketua DPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang menyatakan harus ada studi kelayakan secara mendalam untuk memutuskan rencana tersebut.

"Mendorong pemerintah untuk melakukan studi kelayakan ibu kota secara mendalam, terutama dari sisi infrastruktur yang mendukung wilayah tersebut menjadi ibu kota," kata Bamsoet dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa 30 April 2019.

Ia mencontohkan, misalnya seperti bangunan perkantoran, bandara, transportasi, maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga pemindahan ibu kota dapat terlaksana sesuai tahapan yang telah direncanakan.




"Mendorong pemerintah untuk mempersiapkan anggaran secara matang dan terencana dengan baik, mengingat anggaran yang akan digunakan untuk pemindahan ibu kota sangat besar," kata Bamsoet.

Menurutnya, pemerintah juga harus dapat memastikan komunikasi dan koordinasi antar kementerian dan lembaga tetap efektif dan terkoordinasi dengan baik.

"Mengingat pemindahan ibu kota bersifat jangka panjang, diharapkan komunikasi tetap efektif sehingga kegiatan pemerintahan tetap dapat berjalan dengan baik" ujar Bamsoet. (**)

Sumber : vivanews



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait