Batam, News, Ekonomi

Ramadan semakin Dekat, harga sayuran Ikut meningkatkan

| Selasa 30 Apr 2019 10:30 WIB | 1447



Aktivitas salah satu pasar di Tiban (Foto :Agung /Matakepri.com)


MATAKEPRI.COM, Sekupang - Lebih kurang 5 Hari jelang Ramadhan beberapa harga bahan pangan serta Komoditi pasar Mulai merangkak naik, bahkan kenaikan harga nya hingga 40 Persen.


Dari pantauan Matakepri.com saat berada di pasar Tiban pada Senin(29/4), dengan kondisi pasar yang Lumayan Sepi, kami mencoba menanyakan kepada salah beberapa pedagang di pasar tersebut mengenai harga bahan pokok dan beberapa sayuran lain nya.


Untuk Telur, saja sudah mengalami kenaikkan dari harga semula hanya Rp 38 ribu perkilo, sekarang sudah mencapai Rpb40 ribu perkilo. Untuk Tomat dari Rp 10 ribu sekarang sudah mencapai Rp 14 ribu perkilo. Sedangkan untuk Gula putih mengalami kenaikan hanya seribu rupiah, dari Rp 12 ribu kini menjadi Rp 13 ribu perkilo nya.


Hal tersebut sangat Jauh jika membandingkan dengan Harga Cabe rawit yang mengalami kenaikkan hingga 40 persen. Pasal nya Dari harga Rp 43 ribu perkilo, saat ini telah mencapai Rp 60 ribu perkilo nya. Sementara Untuk cabe kriting mengalami kenaikan Rp 14 ribu, dari harga semula Rp 38 ribu perkilo saat ini telah mencapai harga Rp 52 ribu perkilo nya.


Sementara Untuk Daging, hanya mengalami kenaikan pada daging ayam, dan untuk daging sapi, harga masih stabil.

Untuk ayam sendiri mengalami kenaikan Rp 5 ribu rupiah, dari harga Rp 37 ribu perkilo sekarang sudah mencapai Rp 42 ribu perkilo. Dan untuk daging sapi masih di harga Rp 85 ribu perkilo.


Yono Penjual daging tersebut mengatakan untuk kenaikan daging ayam sudah sekitar 5 hari lalu, kenaikan ini berasal dari para pengusaha di kandang. Mereka sudah menaikkan harga, dengan alasan pasokan pangan yang susah datang.


"Ya sudah 5 hari kemarin mas mulai naik, orang kandang nya naikkan ya kita juga ikut naik lah. Entah karena apa, ada yg bilang katanya pakan susah " tuturnya.

Bahkan ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan saat pemilu berlangsung, seperti Timun yang sempat mencapai harga Rp 20 ribu perkilo nya dari semula harga hanya Rp 5 ribu perkilo nya, namun saat ini harganya sudah stabil di kisaran Rp 7 ribu perkilo dan juga untuk Kacang panjang sempat mencapai Rp 15 ribu tapi sekarang sudah normal dikisaran Rp 10 ribu.

Para pedagang juga berharap agar harga bisa stabil lagi, karena saat harga banyak naik, pembeli juga semakin sedikit.


"Semoga bisa cepat turun lagi mas harga nya, kalau turun kan pasti banyak pembeli juga " ucap Nur, pedagang sembako di pasar Tiban tersebut.(CW6)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait