Batam

"Besok" ATB akan lakukan Rationing di Waduk Sei Harapan

| Jumat 19 Apr 2019 22:19 WIB | 3548

SPAM/PDAM


Kondisi Waduk Sei Harapan yang mengalami kekeringan akibat kurang curah hujan


MATAKEPRI.COM, BATAM - Penggiliran suplai air bersih (Rationing) tidak bisa dihindari untuk daerah Sekupang dan sekitarnya. Hal ini di sampaikan oleh Maria Jacobus selaku Head of Corporate Secretary PT. Adhya Tirta Batam, Jum'at (19/4).


Penggiliran air tentu bukan sebuah pilihan yang diinginkan ATB termasuk pelanggan. Namun kondisi ini tidak bisa dihindari, Melihat kondisi waduk di Sei Harapan yang semakin surut.


"Krisis air hanya menunggu waktu meskipun curah hujan mulai meningkat, Apabila daya tampung waduk berkurang disebabkan pendangkalan yang belum teratasi, tetap saja jumlah air baku tidak mencukupi kebutuhan, terlebih jumlah konsumsi air di pelanggan terus mengalami peningkatan," ujar Maria.


Program rationing waduk Harapan akan berdampak pada pelanggan di sebagian Tiban, Sekupang, Tanjung Pinggir, Tanjung Riau, Patam, dan sekitarnya.


"Saat rationing diberlakukan suplai air bersih yang dinikmati pelanggan otomatis akan berkurang. Tekanan air yang diterima juga kemungkinan besar tidak sebesar saat normal. ATB berupaya agar pelanggan tetap mendapatkan suplai air," ujar Maria.


Bila kondisi waduk Harapan tidak mendapat curah hujan seperti yang diharapkan maka potensi penggiliran dijadwalkan dimulai pada hari Sabtu (20/4).


"Saat program rationing diberlakukan, pelanggan harus menghemat penggunaan air bersih, Harap menampung air seperlunya. Penampungan berlebihan akan mengakibatkan pelanggan di sisi hilir semakin menderita," tutup Maria. (CW7)



Share on Social Media