News, Politik

Nyoblos di Los Angeles, WNI Rela Nunggu Hingga Tengah Malam

| Senin 15 Apr 2019 13:44 WIB | 1934



Nyoblos (Istimewa)


Jakarta - Menggunakan hak pilih pada pemilu 2019 di Los Angeles, Amerika Serikat. WNI ramai-ramai mengantre dan rela menunggu hingga tengah malam. 

Pencoblosan di Los Angeles pada 13 April 2019 lalu berlangsung hingga pukul 01.00 waktu setempat karena antusiasme masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya meningkat signifikan dibanding Pemilu 2014 lalu. Demikian berdasarkan pernyataan dari KJRI Los Angeles.

"Biar bisa nyoblos, kita rela antre empat jam-an. Tapi seru banget! Antreannya juga tertib. Pelayanannya juga ramah. Kita liat banyak tim yang bantu-bantu ngaman-ngamanin. Seru banget deh! Worth it banget buat ngantre selama ini," ungkap Kristie, salah satu pemilih yang masuk ke kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang baru selesai mencoblos sekitar pukul 00.00 dini hari waktu Los Angeles.

Antrean khusus untuk para WNI pemilih yang belum terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu, atau disebut dengan daftar pemilih khusus (DPK), mengular hingga luar kompleks gedung KJRI Los Angeles. Antrean panjang terlihat mulai pukul 18.30 waktu setempat.

Pelayanan pencoblosan khusus untuk DPK itu dilakukan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2018 dan Nomor 37 tahun 2018, sehingga baru dibuka pada satu jam terakhir atau mulai pukul 20.00 waktu setempat.

Image result for tinta coblos

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Los Angeles, Metta Surya, menyampaikan total DPK yang dilayani di kedua TPS Los Angeles sebanyak 399 orang, meningkat empat kali lipat dibandingkan Pemilu 2014 lalu.

Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah DPT yang hadir (turn-out DPT), yakni pada kisaran 41 persen atau sebanyak 243 dari total DPT 602.

"Sesuai dengan peraturan, pelayanan terhadap DPK dilaksanakan selama persediaan surat suara masih tersedia. Itu lah kenapa kita masih membuka TPS hingga dini hari tadi demi mengakomodir animo masyarakat Indonesia di Los Angeles yang luar biasa," ujar Ketua Panwaslu Los Angeles, Zezen Z Mutaqin.

Pencoblosan menurut jadwal dimulai pukul 12.00 siang hingga 21.00 malam. Diperkirakan masyarakat Indonesia yang hadir dalam pemungutan suara Pemilu Luar Negeri 2019 di Los Angeles mencapai lebih dari seribu orang.

KJRI Los Angeles menyediakan panggung hiburan, stan pakaian dan makanan, serta tempat bermain anak-anak untuk meramaikan Pesta Demokrasi lima tahunan tersebut. (**)

Sumber : detiknews



Share on Social Media