Batam

KPU Batam mulai melaksanakan bimtek untuk KPPS dan PPS

| Jumat 12 Apr 2019 12:06 WIB | 3028



Bimbingan teknis kepada panitia pemungutan suara di pulau buluh


MATAKEPRI.COM, BATAM - Mulai 11 April sampai 15 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mulai melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Jum'at (12/4).


Bimtek yang dilakukan di masing-masing kelurahan atau kecamatan ini untuk memberikan pemahaman sedetail mungkin kepada masyarakat tentang tugas KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti.


Materi bimtek mulai dari pemungutan suara, penghitungan suara, tanda pemberian suara yang sah dan tidak sah, serta teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.


 Untuk memberikan pemahaman teknis, peserta bimtek juga diminta untuk mensimulasikan seluruh tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Mulai dari pra pemungutan suara dengan mengumumkan waktu dan tempat pemungutan, mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih (formulit model C6), dan pembuatan tempat pemungutan suara (TPS).

 

Selanjutnya tahapan pemungutan suara, yaitu memastikan kelengkapan TPS, pembukaan pemungutan suara, pembacaan sumpah/janji, membuka kotak suara dan mengeluarkan isinya, menjelaskan tata cara pemberian suara, pemungutan, dan penghitungan suara. (CW5) 



Share on Social Media