News, Ekonomi

Tidak Selalu Negatif, Ini 5 Anggapan Yang Salah Soal Hutang

| Senin 08 Apr 2019 15:38 WIB | 2325



Anggapan yang salah soal utang (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Banyak anggapan miring yang beredar di masyarakat tentang keberadaan utang. Hal tersebut akhirnya membuat si pengutang seringkali merasa malu dengan keputusan berutang yang dibuatnya. Padahal, tidak semua anggapan negatif itu selalu benar. Lalu, apa saja anggapan yang salah soal utang?

1. Utang adalah bukti kegagalan finansial seseorang

Hasil gambar untuk Utang Miskin

Keputusan seseorang untuk berutang pasti telah dipikirkan secara matang. Ada mereka yang hanya ingin memenuhi keinginan semata, tetapi tidak ingin mengeluarkan uang dalam jumlah besar dalam satu waktu. Ada juga yang menggunakan utang tersebut untuk kebutuhan mendesak yang memang tidak bisa dipenuhi dengan tabungan atau dana darurat, ataupun kebutuhan produktif yang akan menguntungkannya di kemudian hari. Melihat kenyataan ini, utang tidak menandakan seseorang mengalami kegagalan dalam kehidupan finansialnya.


2. Utang harus dihindari sebisa mungkin

Hasil gambar untuk Utang harus dihindari sebisa mungkin

Adanya stigma negatif tentang utang, membuat banyak orang berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya. Padahal, utang sendiri sebenarnya terdiri dari dua jenis, yakni utang produktif dan utang konsumtif. Mungkin Anda bisa menghindari utang konsumtif. Namun, tidak ada salahnya berutang untuk hal yang produktif dan menghasilkan, bukan?


3. Berutang akan membuat hidup Anda rusak

Hasil gambar untuk Berutang akan membuat hidup Anda rusak


Utang harus digunakan secara bijak. Jika Anda menggunakan uang dari hasil berutang hanya untuk memenuhi gaya hidup semata, hal itu bisa saja terjadi. Tetapi, jika Anda menggunakan utang untuk hal-hal yang produktif, Anda tidak hanya bisa melunasi utang tersebut dengan tepat waktu, tetapi juga mendapatkan keuntungan materi.


4. Utang = Miskin

Hasil gambar untuk Berutang akan membuat hidup Anda rusak

Banyak yang beranggapan kalau orang yang berutang itu miskin, padahal belum tentu. Ada orang yang sengaja berutang sebagai sarana investasi. Misalnya, Anda membeli kendaraan dengan cara berutang. Seiring berjalannya waktu, kendaraan tersebut digunakan tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tetapi juga diberdayakan sebagai transportasi online. Dengan begini, kendaraan yang Anda beli dengan cara berutang bisa menghasilkan uang tambahan untuk ditabung.

Bisa juga utang memang dibutuhkan untuk kebutuhan yang sangat mendesak, seperti saat menderita penyakit tertentu yang membutuhkan biaya besar. Dalam kondisi seperti itu, dana darurat yang kita miliki kemungkinan besar tidak mencukupi untuk menutup biaya pengobatan.


5. Utang hanya menghasilkan masalah

Hasil gambar untuk hutang

Berutang akan menjadi masalah ketika ada niat buruk dari yang meminjamkan, yaitu untuk menjebak dengan memberikan bunga harian yang tinggi. Tidak hanya itu, utang juga akan menjadi masalah jika Anda sendiri tidak mampu untuk mengatur yang akhirnya mengakibatkan ketidakmampuan untuk membayar utang. Maka dari itu, Anda harus memikirkan, mana utang yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan belaka.

Ternyata, tidak semua anggapan miring soal utang benar adanya. Utang perlu dilihat sebagai alat bantu di kala mendesak, atau salah satu cara dalam pengelolaan keuangan. (***)

Sumber : kumparan



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait