Batam

Terkait Pencabutan Rekomendasi, Kadin Batam Siap Fasilitas PT KIN Ke Pemerintah Pusat

Juliadi | Kamis 21 Mar 2019 21:19 WIB | 1851



Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Ketua Kamar dagang Industri (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk, siap bantu fasilitasi PT. KIN Sampai ke pemerintah pusat, setelah Rekomendasi dicabut Walikota Batam H. M. Rudi. 

Rudi, mengatakan surat rekomendasi tersebut kini sudah di kembalikan PT. KIN dengan alasan urusannya berbelit-belit sampai ke provinsi.

"Terkait rekomendasi yang di keluarkan oleh walikota, tentunya walikota dalam mengeluarkan rekomendasi tidak serta merta langsung dikeluarkan, ujar Jadi, Kamis (21/3 /2019).

Lanjut Jadi, dalam mengeluarkan surat rekomendasi tersebut Walikota Batam tentunya melalui informasi dan pertimbangan-pertimbangan  dan  ketentuan yang ada  serta sudah melalui  pembahasan di dinas terkait.

Baca juga : Rekomendasi Reklamasi Teluk Tering, Sudah Dicabut Walikota Batam

Jadi, menambahkan Walikota Batam bisa mengeluarkan rekomendasi setelah melakukan pembahasan di Dinas Penanaman Modal Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) dan  dinas lainnya.

Jadi, mengatakan bahwa seorang walikota mengeluarkan rekomendasi kepada perusahaan untuk melakukan atau merencanakan investasi yang cukup besar dan Walikota juga harus bisa memperjuangkan dan memfasilitasi kepada gubernur. Sekali pun memang pihak PT. KIN itu mengaku telah mengembalikan atau tidak ingin melanjutkan.

Lanjut jadi, walikota harus mencari tau tidak serta merta ketika investor mengembalikan rekomendasi itu lantas di anggap gagal, "sama halnya walikota memperjuangkan hak hak rakyat, membebaskan UWTO kemudian menjadikan hak guna lahan menjadi hak milik ketika memang dia merangkap kepala BP Batam secara Ex-officio nantinya," jelas Jadi.

"walaupun bukan kapasitas dan tanggung jawabnya  kepala BP Batam, tapi dengan semangatnya pak Rudi sebagai walikota untuk memperjuangkan masyarakat, seharusnya sama halnya juga walikota memperjuangkan investasi ini. Kalau perlu tidak hanya ke Gubernur, langsung ke presiden," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kadin Batam menghimbau kepada calon investor PT. KIN agar datang ke Kantor Kadin Batam, sebagaimana pihaknya siap membantu kendala yang di alami PT. KIN saat ini.

"Kami siap untuk membantu kendala-kendala kesulitan apa yang di alami oleh PT. KIN.
Bukan hanya ke Gubernur, bahkan kami akan membantu sampai ke kepada pemerintah pusat baik itu melalui BKPN maupun menteri perekonomian bahkan kalau perlu ke presiden, Kalau bahwa PT. KIN itu serius  terkait perencanaan pembangunan dengan nilai yang fantastis dikota Batam ini," tutupnya. (Bobby/adi) 



Share on Social Media