Lingga

Polsek Singkep Barat Gelar Rapat Koordinasi Cegah Karhutla

| Rabu 13 Mar 2019 17:44 WIB | 1752




MATAKEPRI.COM, Lingga - Kapolsek Singkep Barat IPTU Idris, S.E., bersama Danramil Dabo Singkep, serta jajaran Camat, Lurah, dan Kepala Desa meggelar rapat antisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Singkep Barat, Rabu (13/03/2019).


Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rupatama Polsek Singkep Barat pada pukul 09.30 WIB.


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolsek Singkep Barat IPTU Idris, Dengan mengucapkan rasa terimakasih yang sedalam dalamnya atas kedatangan para undangan yang telah hadir di Polsek Singkep Barat.


Selanjutnya IPTU Idris menyampaikan bahwa himbaun tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan ini merupakan instruksi langsung dari Pimpinan tertinggi Kepolisian Republik Indonesia, yakni melakukan pencegahan hingga kepada penindakan hingga pengusutan pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla).


“Menindaklanjuti Perintah dari Kapolri, Kami dari Polsek Singkep Barat telah membuat maklumat Kepolisian dengan nomor : MAK / 01 / VII / 2015 / POLSEK SINGKEP BARAT TENTANG LARANGAN PEMBAKARAN HUTAN DAN LAHAN. Saya harap para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Singkep Barat dan Kecamatan Kepulauan Posek, agar selepas acara ini nanti setelah sudah berada di daerah masing-masing membuat surat himbauan kepada RT/RW dan ke masyarakat setempat tentang larangan membakar hutan dan lahan sembarangan”, terang IPTU Idris.


Ditambahkan, bahwa dalam Undang-undang No 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, disebutkan larangan keras melakukan pembakaran hutan dan lahan baik sengaja ataupun tidak sengaja dengan pidana 15 tahun dan denda 15 milyar.


Sementara itu, Danramil Dabo KAPTEN ARM Ismarli Koto mengungkapkan bahwa permasalahan kebakaran hutan dan lahan ini merupakan tanggung jawab bersama, baik dari Pemerintah, TNI, POLRI, Dinas Kehutanan dan Stake Holder lainnya. Oleh sebab itu mari kita bersama sama menjaga lahan dan hutan dari pembakaran.



"Harapan saya mari sama sama kita menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan, jika seandainya ada terjadi kebakaran harap segera menghubungi Bhabinkamtibmas/ Babinsa untuk bersama sama memadamkan api," ungkap Danramil.


Kegiatan tersebut turut dihadiri, Camat Singkep Barat Recky Sarman Timur, Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris SE.Sy, MH. Danramil Dabo Kapten ARM Ismarli Koto, Lurah/ Kepala Desa Sekecamatan Singkep Barat, Kepala Desa Sekecamatan Kepulauan Posek, Personil Polsek Singkep Barat, serta tamu undangan lainnya sebanyak 25 orang. (NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait