Batam

Melalui TMMD Dapat Meningkatkan Kebersamaan Dan Gotong Royong

Juliadi | Rabu 27 Feb 2019 10:05 WIB | 1651



Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 dipusatkan di Kelurahan Sembulang dan Rempang Cate Kecamatan Galang. Kegiatan ini berlangsung satu bulan lamanya, 26 Februari-27 Maret.

Kegiatan fisik pada TMMD ke-104 berupa semenisasi jalan sepanjang 1.139 meter yang dilaksanakan di sembilan titik. Di antaranya Rempang Cate, Pasir Panjang, Tanjung Kertang, Blongkeng, dan Pulau Buluh. 

Sementara kegiatan non fisik berupa penyuluhan hukum, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, kesehatan, dan penanggulangan puting beliung.

Baca juga : Tak Hanya SPP Gratis Pemprov Jatim Juga Memberikan Seragam Gratis Bagi Pelajar

Adapun tema TMMD ke-104 Tahun 2019 adalah “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”.

Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Infantri Romel Djangga Wardhana mengatakan kegiatan ini sinergi antara Kodim dengan Pemerintah Kota Batam. Serta melibatkan masyarakat dalam proses pengerjaan.

“Kita melakukan pembangunan percepatan infrastruktur kelurahan di sembilan titik berupa semenisasi jalan. Semoga dalam waktu satu bulan pembangunan ini bisa selesai. Untuk kegiatan ini kita menurunkan 150 personil dan juga melibatkan masyarakat,” ungkapnya, Selasa (26/2/2019).

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan peran nyata TNI bersama rakyat terlihat dalam kegiatan TMMD ini. Kegiatan TMMD ini merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya generasi milenial.

“Kegiatan ini sebagai bentuk mendukung pembangunan nasional melalui pembangunan daerah terpencil sebagai salah satu wujud realisasi Nawacita Pemerintah RI,” sebutnya.

Ia juga memuji pembangunan melalui TMMD yang capaiannya cukup memuaskan. Melalui TMMD TNI bersama masyarakat bersatu mengabdikan diri untuk negara. Pemko Batam menurutnya sangat terbantu dengan adanya pembangunan yang dilakukan melalui program TMMD.

“Melalui TMMD ini, TNI menunjukkan perannya untuk membuka akses bagi masyarakat di daerah. Sebelumnya TMMD sudah melakukan bedah rumah dan pembangunan jalan sepanjang satu kilometer,” tuturnya. (Rilis/Adi) 



Share on Social Media