News, Politik

Inilah Hasil Voters Usai Debat Kedua Capres

Juliadi | Senin 18 Feb 2019 22:47 WIB | 4232



Istimewah


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Hasil debat 
capres kedua dinilai memberi pengaruh memilih terhadap swing voters dan undecided voters. Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo yakin para voters yang masih ragu akan mengarah ke capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi ada 3 kategori membacanya, kalau untuk pemilih loyal, itu tidak akan berubah, yang kita baca sebenarnya pemilih yang di tengah, baik undecided voters dan swing voters. Kalau kemarin saya memposisikan sebagai undecided voters atau swing voters, atau saya masih bimbang, mereka akan lebih cenderung punya tren preferensi ke 01 (Jokowi)," kata Ari kepada wartawan di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).

Baca juga :  Gubernur Kepri Lantik Kepengurusan FKUB, FKDM, dan FPK Kabupaten Lingga

Baca juga : Lingkungan Hidup Sama - Sama Visi Capres 01 Dan Capres 02

Ari menjelaskan hal ini karena saat debat kedua capres, Jokowi lebih baik dalam memaparkan capaian, program, dan rencana selanjutnya. Sementara Prabowo tidak menjelaskan secara konkret.

"Itu jelas kemarin bicara menggunakan data dan memang program solusinya untuk nextnya jelas. dan kemudian tidak nampak di 02 (Prabowo)," ungkap Ari.

Ari mengatakan para swing voters dan undecided voters merupakan pemilih rasional. Jadi pemaparan yang rasional yang akan menjadi pilihan mereka.

"Pemilih swing voters dan undecided voters yang cenderung rasional mereka ini, mereka akan terdorong untuk preferensinya ke 01 daripada 02, dan daya pengaruh atau magnet elektoralnya lebih kuat untuk ke 01, karena memang panggungnya 01 lebih unggul," ucap Ari. (**)

Sumber : Detik.com 



Share on Social Media