Lingga

Awe - Nizar Akan Adakan Nonton Bareng Film SMRS

| Jumat 15 Feb 2019 23:21 WIB | 1727




MATAKEPRI.COM, Lingga - Syukuran refleksi 3 tahun kepemimpinan Awe - Nizar di Kabupaten Lingga akan diadakan pemutaran film pahlawan nasional Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS), Jum'at (15/02/2019).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhamad Ishak, malam puncak refleksi 3 tahun di pemerintahan Awe - Nizar akan di putar film pahlawan nasional SMRS yang perdana ke masyarakat pada hari minggu, (17/2/2019) malam.

"Pemkab Lingga tidak berhenti sampai disitu dalam menggali ketokohan dan perjuangan nya, seperti yang kita ketahui SMRS sudah di anugerahi sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI pada tahun 2017 lalu," sebutnya.

Kata Ishak, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan pada akhir tahun 2018, juga telah memproduksi film dokumenter SMRS sebagai pahlawan grilya dengan menyusun buku sejarah tentangnya.

Film dokumenter Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan perdana yang di produksi Pemkab Lingga sejak dari Kabupaten Lingga ini berdiri. keberhasilan ini tidak terlepas dari semangat, kerja keras serta motivasi Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga.

"Untuk pembuatan film dokumenter itu sendiri berkat kerjasama antara Pemkab Lingga dan Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia di Jakarta," tuturnya.

Akan tetapi melalui film dokumenter Sultan Mahmud Riayat Syah yang hanya 30 menit itu, diyakini dapat lebih mudah untuk memahami dan menarik intisarinya  karena tidak semua orang bisa membaca buku sejarah  sampai selesai dan memahami intisarinya. 

"Hal ini demi membangun Kabupaten Lingga dalam segala bidang sebagaimana SMRS telah membangun Tamadun Melayu  pada saat itu, dengan semangat yang luar biasa serta  nilai - nilai perjuangannya," tutupnya. (NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait