Batam

Sarana Dan Prasarana Memberantas Narkoba Perlu Di Perhatikan

Juliadi | Rabu 02 Jan 2019 09:10 WIB | 2262



Ketua DPD Granat, Syamsul Paloh


MATAKEPRI.COM, Batam - Perairan Kepulauan Riau (Kepri) khususnya Batam kerap di manfaatkan oleh pengedar narkoba tempat transit memasukkan barang haram ke seluruh Indonesia, maka dari itu harus ada kerjasama dari pihak terkait untuk pemberantasan peredaran sindikat narkoba di wilayah perairan laut Batam, perlu perhatian khusus.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Anti Narkoba (DPD Granat) Kepri, Syamsul Paloh, mengatakan, sarana dan prasarana dalam hal pemberantasan narkoba masih memerlukan perhatian, perlunya sarana tersebut karena melihat dari posisi Batam sebagai daerah perairan laut yang berdekatan dengan beberapa negara.

"Meskipun hanya memiliki luas daratan hanya 4 persen dibandingkan luas lautan 96 persen, namun peredaran narkoba di Batam tidak bisa dinafikan. Batam yang didominasi wilayah kelautan, menjadi ancaman serius untuk peredaran narkoba, "kata Syamsul Paloh. 

Ia juga menjelaskan untuk memberantas peredaran narkoba di Batam tidak bisa hanya mengandalkan BNNP Kepri, bea cukai dan aparat kepolisian,akan tetapi juga harus melibatkan aparat Angkatan Laut dan Dirpolair. Karena transaksi peredaran narkoba diduga dilakukan di atas kapal, untuk memproduksi narkoba tidak perlu ruangan besar cukup 4 x 4. 

Menurutnya Kota Batam sekadar sebagai tempat lintasan perdagangan narkoba menuju daerah-daerah lain di Indonesia, atau Batam sebagai tujuan pemasaran narkotika dari Malaysia dan China. Ia juga berharap  pemeritah pusat melengkapi sarana dan prasarana, maupun aparat pendukung seperti angkatan laut dan bea cukai dalam pemberantasan peredaran narkoba di atas perairan laut. (Adi) 



Share on Social Media