International

kelompok Radikal Mujahidin" Baku tembak

| Selasa 01 Jan 2019 10:10 WIB | 2568




Matakepri.com. - Saat semua disebutkan dengan jelang pergantian tahun 2019 pihak aparat Kemarin mendatangi TKP dan melakukan evakuasi korban (pembunuhan disertai mutilasi).


Pas pulang tadi pagi diserang kelompok tersebut. Dua anggota itu terkena tembak tapi selamat," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (31/12/2018).

Dua anggota Polres Parigi Moutong dan Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) ditembaki saat melakukan olah TKP kasus mutilasi.

Polisi menduga orang tidak dikenal yang menembaki dua polisi di Sulteng adalah kelompok radikal Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora.

Dua polisi yang ditembak itu Bripka Andrew Maha Putra dan Bripda Baso. Bripka Andrew merupakan anggota Resmob Satgas 3 Tinombala, sementara Bripda Baso anggota Satuan Intelkam Polres Parigi Moutong.

Keduanya ditembaki saat hendak kembali ke markas usai olah TKP di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong. Bripka Andrew tertembak di bagian punggung kiri dan kanan.

"Tim yang berada di belakang (Bripka Andrew dan Bripda Baso) saat itu langsung memberikan tembakan balasan ke arah punggung gunung dan lereng gunung guna mengamankan TKP kontak tembak. Agar tim bisa mengevakuasi rekan yang terkena tembak," kata Dedi

Tembakan-tembakan antara polisi dan terduga teroris itu pun tak terelakkan. Bripka Andrew dan Baso memberikan tembakan balasan. 

Kontak senjata berlangsung selama 30 menit. Bripka Andrew dan Baso yang terkena tembakan pun berhasil dievakuasi. Keduanya sempat dilarikan ke Puskesmas Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah untuk mendapat pertolongan pertama dan hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Polisi menyebut pelaku pembunuhan disertai mutilasi diduga dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) eks anggota Santoso yang saat ini dipimpin oleh Ali Kalora. Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan apakah kelompok Ali Kalora ini sengaja melakukan pembunuhan untuk memancing polisi muncul di lokasi penembakan.

"Nanti didalami kalau pelaku sudah tertangkap. Yang jelas anggota pada prinsipnya dapat laporan pengaduan dari masyarakat tentang adanya korban pembunuhan. Korban pembunuhan tersebut yang dilaporkan masyarakat sepotong kepala yang diletakan kelompok tersebut di atas jembatan desa," terang Dedi
(Dilansir dari web detik.com)



Share on Social Media