Batam

Edukasi Budidaya Buah-buahan di Agromarina BP Batam

Juliadi | Selasa 04 Dec 2018 11:36 WIB | 1751

BP Batam


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Batam sebagai kota maju yang berada di provinsi Kepulauan Riau menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, tidak saja di bidang barang dan jasa, namun juga di bidang pertanian. 

Agrowisata Marina yang terletak Tanjung Riau Sekupang Batam merupakan destinasi wisata dan rekreasi pendidikan. 

Pengunjung dapat menikmati hijaunya tanaman dan segarnya udara pertanian sambil belajar. Indahnya panorama alam pertanian dan nuansa khas alam Indonesia akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa mengatakan, 

“Sebanyak 37 siswa dari TK Salsabila Batuaji berkunjung di Agrowisata Marina BP Batam. Dalam kunjungan tersebut selain berwisata di alam bebas untuk melepas jenuh, siswa juga belajar mengenai pengenalan macam-macam buah lokal yang ada di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam,” katanya pada Kamis (29/11/2018).

Dalam kunjungan tersebut para siswa di berikan edukasi mengenai buah lokal antara lain tentang pengertian buah lokal, cara membudidayakan tanaman buah tersebut dan membandingkan kualitas buah lokal yang ada di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam tidak kalah dengan buah yang di tanam di daerah lain. 

Para siswa juga di edukasi sejak dini untuk menambah kecintaannya terhadap hewan satwa dengan berinteraksi langsung dengan hewan ternak dengan memberi makan langsung ke hewan ternak Agromarina BP Batam. Di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam juga terdapat budidaya peternakan berupa hewan ternak kambing dan sapi, disana terdapat jumlah peternak cukup banyak dan jenis-jenis sapi dan kambing sangatlah beragam.

Ke depannya Kawasan ini diharapkan menjadi destinasi agrowisata wisata terbesar di Kepri. "Karena Batam itu terlalu dikenal sebagai daerah industri, butuh warna refreshing, maka kami ingin branding Batam sebagai daerah industri dibikin beda,” pungkasnya.

Sementara Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam mengungkapkan bahwa pengembangan agrowisata marina sebagai upaya inovasi BP Batam menjadikan Batam sebagai pilihan tepat berwisata.

“Ketika Batam nuansanya pabrik, galangan kapal, alat berat. Maka imbangi dengan yang anti mainstream yaitu agrowisata di Batam," Ungkapnya. (***) 



Share on Social Media