International, Olahraga

Sebanyak 18 Pelajar SMP Indonesia Mengikuti Pelatihan Sepak Bola di Akademi Juventus di Turin, Itali

| Kamis 29 Nov 2018 13:14 WIB | 3165



ISTIMEWA


MATAKEPRI.COM - Sebanyak 18 pelajar SMP Indonesia mengikuti pelatihan sepak bola di Akademi Juventus di Turin, Italia pada tanggal 28 November s.d 5 Desember 2018. Program pelatihan bertajuk "Juventus Academy Training Experience" ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk para pelajar yang menjuarai kompetisi Gala Siswa Indonesia tahun ini. 

Para siswa berasal dari kota Sidoarjo, Surabaya, Krembung, Buduran hingga Tangerang Selatan. Selain para siswa, ikut serta pula empat orang pelatih yang didampingi oleh Indra Sjafrie, pelatih Timnas Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad, pelatihan ini bertujuan memberikan apresiasi atas kerja keras para siswa yang berprestasi di bidang sepak bola. 

Ini kesempatan bagi para siswa Indonesia merasakan berlatih sepak bola di klub terkemuka di dunia untuk mendapatkan pengetahuan baru dan mengasah kemampuannya. Selain itu, diharapkan mereka juga bisa memperluas wawasan mereka dengan melihat belahan dunia lainnya," demikian disampaikan, saat mendampingi para peserta ke Turin.

Program pelatihan dipimpin oleh pelatih kepala Nicolò Sarti, dan terdiri dari tiga pelatih dari Akademi Juventus, yaitu Vincenzo De Caro, Michele Vegliato, dan Davide La Pira. Nicolò menyampaikan bahwa pelatihan ini bukan hanya akan mengasah kemampuan dan teknik bermain bola, tetapi juga menerapkan nilai-nilai, sikap dan tata perilaku yang dipegang teguh oleh Juventus, klub sepakbola yang berdiri sejak 1897. 

KBRI Roma dalam siaran persnya kepada detikcom, Kamis (29/11/2018), menyatakan bahwa dalam program pelatihan ini, para peserta akan mengikuti berbagai sesi latihan, pertandingan persahabatan, juga kunjungan dan studi ekskursi ke kota Turin dan stadium Allianz Juventus yang tercanggih di Italia. Para siswa sendiri berlatih di Cantalupa, sekitar 50 km dari kota Turin, sebuah kota kecil di kaki Gunung Freidour yang memiliki fasilitas olah raga sangat lengkap. Pada tanggal 27 November 2018, mereka juga berkesempatan menyaksikan langsung aksi Ronaldo dkk pada pertandingan Liga Champions antara Juventus melawan Valencia.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyambut baik program pelatihan ini dan mengharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan istimewa ini untuk meningkatkan kemampuan teknis sepak bola maupun pengetahuan baru lainnya. Dubes Esti juga akan terus mengembangkan kerja sama antara klub atau komunitas sepak bola di Indonesia dengan Italia.( *** )

Sumber : detik




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait